Kapal Ikan Terbakar di Perairan Pulau Berhala, 1 ABK Tewas

Kapal Ikan Terbakar di Perairan Pulau Berhala, 1 ABK Tewas
Korban setelah dievakuasi (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Berhala - Satu anak buah kapal (ABK) meninggal dunia dan dua orang lainnya dinyatakan hilang usai Kapal Motor (KM) United berkapasitas 60 Gross Tonnage (GT) dilaporkan terbakar dan karam di perairan Pulau Berhala, Kabupaten Serdangbedagai pada Selasa (3/8) kemarin.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Medan, Toto Mulyono mengatakan, KM United memiliki rute dari Pelabuhan Perikanan Belawan menuju spot penangkapan ikan di perairan Pulau Berhala. Kapal itu turut membawa 10 orang ABK.

"Sedangkan tujuh orang lainnya selamat. Pagi tadi sekitar pukul 03.00 WIB telah tiba di Pelabuhan Belawan," katanya, Rabu (4/8).

Toto menjelaskan, saat kebakaran terjadi sebuah kapal kargo bernama KM Tanto yang sedang melintas dari perairan Pulau Berhala menuju Belawan melihat KM United terbakar. Lalu, kapal itu mencoba memadamkan api.

Pada saat yang sama kapal lain yakni KM United 2 juga sedan melintas dan langsung membantu memadamkan api. Namun, karena besarnya kobaran api langsung membakar semua bagian kapal sehingga usaha yang dilakukan tidak membuahkan hasil.

"Akibat kebakaran tersebut KM United karam di lokasi. Di mana, KM United 2 membawa tujuh ABK yang selamat dan satu orang yang meninggal dunia menuju Pelabuhan Belawan," ujar Toto.

Menurut Toto, informasi soal peristiwa itu pertama sekali didapatkan pihaknya dari petugas siaga Vessel Traffic Services (VTS) Belawan.

"Jadi pagi tadi sekitar pukul 07.00 WIB, KN SAR Sanjaya bersama 18 orang personel berangkat menuju perairan Pulau Berhala. Saat ini tim masih fokus melakukan pencarian, semoga korban secepatnya bisa ditemukan," pungkas Toto.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi