Wagubsu Pimpin Upacara HUT Kemerdekaan RI di Lanud Soewondo

Wagubsu Pimpin Upacara HUT Kemerdekaan RI di Lanud Soewondo
Pasukan Pengibar Bendera Pusaka bertugas dalam upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia di Lanud Soewondo (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Musa Rajekshah, memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia di Pangkalan Udara (Lanud) Soewondo, Medan, Selasa (17/8) pagi.

Dalam peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 76 yang diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat tersebut, tampak hadir Kasdam I/Bukit Barisan Brigjen TNI Didied Pramudito, Pj Sekda Provsu Afifi Lubis, Wakapolda Sumut Brigjen Pol. Dadang Hartanto, Dandim 0201/BS Kolonel Inf. Agus Setiandar.

Kemudian Kapengti Sumut, Wakil Ketua DPRD Sumut, Wakabinda Sumut, Wakajati Sumut, Wadanlantamal 1 Belawan, Wadanlanud Soewondo, Kepala BKD Provinsi Sumut, Kadinkes Provinsi Sumut, Kasatpol PP Provinsi Sumut.

Meski jumlah peserta dibatasi karena masa pandemi Covid-19, namun upacara tetap berlangsung khidmat.

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) diiringi lagu Indonesia Raya dengan sigap membentangkan Sang Saka Merah Putih hingga menaikkannya ke atas tiang.

Usai menjadi inspektur upacara, Musa Rajekshah mengatakan, semangat kemerdekaan harus terus bergelora, khususnya bagi generasi muda.

Menurutnya, perjuangan dan jasa para pahlawan harus terus dikenang karena memerdekakan bangsa Indonesia bukanlah hal yang mudah.

"Karenanya generasi-generasi muda harus tetap menjaga keutuhan bangsa. Generasi muda kita juga jangan lengah oleh waktu, harus ikut berjuang mempertahankan bagaimana negara ini dapat menjadi negara yang maju dengan SDM yang berkualitas ke depannya," kata Musa Rajekshah.

Sebelumnya Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, mengukuhkan 66 Paskibraka tingkat Sumut tahun 2021, Jumat (13/8).

Pengukuhan Paskibraka tahun 2021 oleh Gubernur Sumatera Utara
Adapun 66 Paskibraka itu merupakan pelajar menengah atas dari 33 kabupaten/kota di Sumut yang bertugas dalam pengibaran dan penurunan bendera saat upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 76 RI di Lanud Soewondo, Medan.

Khusus kepada pelajar dan pemuda yang diwakili Paskibraka, Edy Rahmayadi menyerukan agar tetap bersemangat.

"Bahkan harus lebih bersemangat daripada pejuang, orang-orangtua kita dulu yang memerdekakan republik ini," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut, Ardan Noor, mengatakan pengukuhan oleh Gubernur sekaligus menyemangati para Paskibraka untuk melaksanakan tugas mulia bagi negara di hari kemerdekaan.

(EAL)

Baca Juga

Rekomendasi