Konferensi PWI Sumatera Utara Kembali Ditunda

Konferensi PWI Sumatera Utara Kembali Ditunda
Rapat pleno panitia plus pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara di Gedung PWI Sumut Parada Harahap, Jalan Adinegoro, Medan, Sabtu (21/8). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Konferensi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara yang dijadwalkan pada 28-29 Agustus 2021 kembali ditunda.

"Menunda pelaksanaan Konferensi yang dijadwalkan tanggal 28-29 Agustus 2021 karena pertimbangan Covid-19 dan ketentuan PPKM," kata Sekretaris PWI, Edward Thahir Rapat Pleno Plus Pengurus PWI Sumut, Sabtu (21/8).

Lalu, kata dia, menyerahkan kepada Panitia (OC) Konferensi untuk melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Satgas Penanganan Civid-19 Sumut tentang jadwal pelaksanaan Konferensi selanjutnya.

"Menutup WA Grup PWI Sumut untuk menghindari kegaduhan dan perpecahan menjelang Konferensi Provinsi," tambahnya.

Dalam Rapat Pleno Plus dibahas opsi kemungkinan pelaksanaan Konferensi di masa Pandemi Covid-19 dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan.

Ketua PWI Sumut, Hermansjah mengatakan, keputusan penundaan Konferensi berdasarkan pertimbangan hasil konsultasi Pengurus dan Panitia Konferensi dengan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi.

Edy belum mengizinkan pelaksanaan Konferensi karena Pendemi Covid-19 belum mereda dan ketentuan PPKM.

Ia menegaskan, Pengurus PWI Sumut tidak punya niat sama sekali untuk menunda-nunda pelaksanaan Konferensi dan setiap keputusan pelaksanaan jadwal konferensi tetap kita lakukan dengan menempuh langkah-langkah organisasi.

Oleh karena itu, Herman minta seluruh anggota PWI Sumut tidak berburuk sangka dengan mengeluarkan pernyataan yang malah justru bisa menimbulkan ketersinggungan pribadi dan menimbulkan perpecahan antara sesama anggota PWI sehingga dapat merusak kebesaran organisasi PWI.

Memang diakui Herman, setiap pemilihan ketua, ada dinamika yang tinggi sebagai wujud demokrasi. Itu hal yang wajar terlebih-lebih wartawan tergolong profesi yang memiliki kualitas dan intekektualitas.

Ia pun mengajak seluruh anggota PWI mengedepankan etika dan rasionalitas dalam menilai figur kandidat Ketua PWI Sumut lima tahun kedepan.

"Saya dan Pak Farianda sudah sepakat dalam menghadapi Konferensi ini dengan cara-cara santun dan bermartabat, siap kalah siap menang, menerima kekalahan dengan jiwa besar, dan meraih kemenangan dengan cara terhormat," ujar Herman.

Ketua Panitia OC Konferensi, Khairul Muslim menegaskan, prinsipnya panitia siap melaksanakan konferensi tinggal menunggu izin dari Satgas Covid-19 Sumut.

"Panitia terus melakukan koordinasi dengan Satgas Covid-19 Sumut dan PWI Pusat sesuai keputusan Rapat Pleno Plus," ujar Khairul.

(HERS/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi