Dosen Farmasi USU Berdayakan Siswa SD sebagai Apoteker Cilik

Dosen Farmasi USU  Berdayakan Siswa SD sebagai Apoteker Cilik
Dosen Farmasi USU Berdayakan Siswa SD sebagai Apoteker Cilik. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Tim pengabdian masyarakat dari Fakultas Farmasi USU melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan judul “Pemberdayaan Siswa Sebagai Apoteker Cilik Serta Sosialisasi Cuci Tangan yang Baik dan Benar Guna Pencegahan Penularan Covid-19 di MIS Annur Prima Medan”, di Jalan Rawe IV No. 23 A Lingkungan VI, Pasar VI Martubung, Kelurahan Tangkahan, Kecamatan Medan Labuhan, belum lama ini.

Ketua Tim pengabdian Apt Dewi Pertiwi SFarm, MSi didampingi anggota tim Apt Embun Suci Nasution SSi, M Farm, Klin, Kamis (9/9) mengungkapkan, sasaran dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah siswa kelas 6 di MIS Annur Prima Medan.

"Banyak masyarakat di kota Medan pada umumnya belum kenal profesi, peran dan fungsi Apoteker. Khususnya siswa sekolah dasar. Untuk itu, kita merasa perlu membentuk “Apoteker Cilik” sebagai kader kesehatan di lingkungan sekolah dan masyarakat. Selain mengenai profesi, peran dan fungsi Apoteker, anak-anak di sekolah dasar juga umumnya belum banyak mengetahui tentang obat, sehingga mereka juga perlu diedukasi dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman serta kesadarannya tentang pentingnya penggunaan obat secara tepat dan benar," jelas Dewi.

Di masa Pandemi Covid-19 saat ini, lanjutnya, kita juga menyosialisasikan cuci tangan yang baik dan benar menurut World Health Organization (WHO) kepada para peserta. Hal ini dilakukan guna menekan laju penyebaran Covid-19 di lingkungan rumah dan sekolah.

Pada pengabdian tersebut, dimulai dengan pelaksanaan pre test untuk mengetahui gambaran pengetahuan peserta sebelum diberikan materi. Selain pemaparan materi, tim juga mengajak para siswa untuk ikut games, lomba mewarnai dan lomba praktik cuci tangan dengan hadiah menarik untuk setiap kategorinya.

"Pengabdian ditutup dengan pelaksanaan post test yang akan direkap dan dihitung persentase kenaikan pengetahuannya dilanjutkan foto bersama peserta beserta guru dan kepala sekolah," pungkasnya.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi