Hanyut Saat Mandi di Sungai, Rahul Ditemukan Meninggal Dunia

Hanyut Saat Mandi di Sungai, Rahul Ditemukan Meninggal Dunia
Tim Rescuer Pos SAR Parapat Danau Toba bersama masyarakat melakukan evakuasi terhadap korban hanyut di Sungai Sirahar di Desa Pusuk 2, Kecamatan Parlilitan, Humbahas, Senin (13/9). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Humbahas - Setelah dikabarkan hanyut pada Minggu (12/9), seorang mahasiswi Unimed ditemukan meninggal dunia di Sungai Sirahar di Desa Pusuk 2, Kecamatan Parlilitan, Humbahas, Senin (13/9).

"Pagi tadi, personel Rescuer Pos SAR Parapat Danau Toba kembali melakukan pencarian seorang mahasiswi yang hanyut terbawa arus sungai Sirahar," kata Koordinator Pos SAR Parapat Danau Toba, Hisar Turnip.

Hisar menuturkan, pencarian korban hanyut tersebut melibatkan personel dari TNI, Polri, BPBD Humbahas, Pemerintah setempat dan warga. Dengan menyusuri sepanjang sisi sungai, tim SAR gabungan sangat berhati-hati dikarenakan medan disekitar tebing sungai sangat licin dan dipenuhi pepohonan.

"Hingga akhirnya, pagi tadi sekitar pukul 09.30 WIB, tim SAR gabungan berhasil menemukan korban tidak jauh dari lokasi awal korban hanyut berjarak sekitar 50 meter, namun curam nya lokasi disekitar sungai menjadi kendala tim utk mengevakuasi korban dari dalam sungai," ucapnya.

Hisar menjelaskan, pada saat proses evakuasi, kedalam sisi tebing sungai diperkirakan mencapai 100 meter dengan kemiringan lebih dari 90 derajat sehingga menyulitkan tim untuk mengangkat korban dari dalam air.

"Dengan menggunakan peralatan mountenering, Rescuer Pos SAR Parapat Danau Toba mencoba menuruni sisi tebing sungai untuk mengangkat korban dari dalam sungai," jelasnya.

Hisar mengungkapkan, korban sudah terlihat dari atas pinggiran sungai, namun kondisi medan di lapangan menyulitkan tim untuk mengevakuasi korban.

"Tim harus membuat sistem tali temali untuk mempermudah mengevakuasi korban dari dalam sungai yg dilakukan Rescuer untuk mempacking korban kedalam kantong mayat dibawah jurang," kata dia.

"Hingga akhirnya sekitar pukul 13.30 wib, korban berhasil kita angkat dan kita evakuasi, selanjutnya kita serahkan kepada pihak keluarga untuk disemayamkan di rumah duka," tambah Hisar.

Seperti diketahui sebelumnya, seorang mahasiswi Unimed bernama Rahul br Siringo-ringo berusia 18 tahun warga Dusun 5 Sosor Natam Pusuk I, Kecamatan Parlilitan, Humbahas hanyut terbawa arus Sungai Sirahar saat mandi-mandi bersama lima orang temannya pada Minggu (12/9) pukul 16.30 WIB.

Saat itu, cuaca disekitar lokasi turun hujan cukup deras sehingga menyebabkan air sungai meluap dan menyeret korban dan lima temannya terjebak dipinggiran sungai namun akhirnya bisa menyelematkan diri namun naas korban hilang terbawa arus sungai.

Teman korban yg selamat langsung melaporkan kejadian tersebut kepada warga sekitar dan kepada BPBD Humbahas, selanjutnya dilakukan pencarian namun korban tidak ditemukan hingga akhirnya dilaporkan kepada petugas siaga Pos SAR Parapat Danau Toba.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi