Dies Natalis ke-69 FK USU Diisi dengan Pengabdian, Seminar Ilmiah, Perlombaan dan Acara Keakraban

Dies Natalis ke-69 FK USU Diisi dengan Pengabdian, Seminar Ilmiah, Perlombaan dan Acara Keakraban
Panitia menyerahkan souvenir HUT ke-69 FK USU kepada Prof. dr. H. T. Bahri Anwar Johan, Sp.JP(K) yang merupakan dosen purnabakti, mantan WR2 USU tahun 1999-2001 dan mantan Dekan FK USU tahun 2002-2008. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Memasuki usia ke-69, Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (FK USU) menyelenggarakan perayaan Dies Natalis ke-69 secara daring dan luring terbatas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Kegiatan tersebut yakni pengabdian masyarakat dengan melaksanakan swab PCR gratis, pembagian masker kepada pedagang tradisional, tukang beca, ojol dan masyarakat sekitar.

Pengabdian masyarakat juga diisi dengan webinar edukasi kesehatan, di antaranya edukasi higienitas di era pandemi, adaptasi kebiasaan baru pada lansia, edukasi pencegahan Covid-19 untuk tenaga medis, penyuluhan tentang pola hidup sehat di Karo serta sejumlah tema webinar yang berkaitan dengan kesehatan dan pencegahan Covid-19.

Ketua Panitia Dies Natalis ke-69 FK USU Prof Dr dr Arlinda Sari Wahyuni, MKes, SpKKLP mengatakan, kegiatan pengabdian dalam rangka dies natalis tahun ini memang sengaja difokuskan untuk pencegahan penyebaran Covid-19 di Sumatera Utara.

“Sejumlah pengabdian dilakukan panitia di beberapa titik seperti di Medan, Labuhanbatu Utara dan Karo,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (15/9).

Selain pengabdian, Prof dr Arlinda mengatakan, kegiatan juga diisi dengan aneka perlombaan.

Mengusung tema “Bersama FK USU Menuju Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh” diadakan 8 perlombaan, yakni Lomba Fashion Kreatif Dewasa Terkait Protokol Kesehatan, Lomba Fashion Show Pakaian Adat Tradisional Anak, Lomba Kompetisi Dokter Kecil Kota Medan Tentang COVID-19, Lomba Video Kreatif COVID-19 dengan Konten Bebas Khusus Pegawai, Dokter dan Mahasiswa FK USU Per-angkatan, Lomba Video Edukasi Mahasiswa, Lomba Cipta Lagu/Paduan Suara Seputar COVID-19, Lomba Cipta Lagu/Paduan Suara Seputar COVID-19, dan Lomba Senam Online.

Kemudian dies natalis juga diisi dengan seminar ilmiah dari Agustus hingga September. Seminar ilmiah ini diselenggarakan dengan daring. Dibuka dengan webinar Covid-19 Update, kemudian Covid-19: Tracing and Management of Covid-19, webinar Covid : Rationalisation of Covid-19 Management dan ditutup dengan webinar Covid-19 : Vaccine and Immunity pada hari Sabtu 18 September 2021.

“Selain itu pada 19 September 2021 kita akan menggelar kegiatan acara keakraban untuk segenap dokter, dosen dan mahasiswa FK USU. Kegiatan direncanakan dibuka Rektor USU Dr Muryanto Amin, diisi pembacaan puisi, pemberian tali asih, hening cipta, pengumuman dan pemberian hadiah perlombaan dan kegiatan seni serta hiburan lainnya,” ujar Prof dr Arlinda.

Dekan FK USU Prof Dr dr Aldy S Rambe, SpS(K) berharap rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam memperingati dies natalis fakultas yang pertamakali berdiri di USU ini mampu memberikan manfaat kepada masyarakat dan menjalin silaturahmi di lingkungan FK USU.

“Rangkaian kegiatan seperti pengabdian masyarakat diharapkan bisa mengedukasi masyarakat agar wabah Covid-19 tidak lagi menyebar. Masyarakat menjadi sadar akan pentingnya hidup sehat dan mematuhi protokol kesehatan,” katanya.

Prof dr Aldy Rambe juga berharap di usianya yang ke-69, FK USU mampu berkontribusi secara nyata untuk melahirkan dokter-dokter berkualitas serta memajukan dunia pendidikan di USU dengan terus memberikan pelayanan nyata kepada masyarakat, khususnya di bidang kesehatan.

“Rangkaian Kegiatan Dies Natalis ke-69 ini sendiri akan ditutup dengan acara puncak seremonial yang direncanakan digelar 27 September 2021,” ujar Dekan FK USU Prof dr Aldy Rambe.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi