NICE Indonesia Gelar Pelatihan ROOTS Edu untuk 8 Sekolah di Jabodetabek

NICE Indonesia Gelar Pelatihan ROOTS Edu untuk 8 Sekolah di Jabodetabek
Pelatihan ROOTS Edu (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Jakarta - Cara mendidik siswa dewasa ini memiliki tantangan tersendiri bagi para guru. Terlebih di era milenial saat ini, para guru dihadapkan dengan perubahan kondisi siswa yang sangat dinamis.

Menyikapi hal tersebut, NAMA Integrated Center of Excellence (NICE) Indonesia menggelar program pengembangan kapasitas dan pendampingan bagi para pendidik yang dinamai dengan Program ROOTs Edu.

“ROOTS Edu merupakan sebuah program pengembangan kapasitas dan pendampingan bagi para pendidik yang diinisiasi oleh NAMA Foundation serta diimplementasikan oleh NICE Indonesia bagi 24 Sekolah di Jabodetabek. Kegiatan ini dilakukan secara bersama secara global di 3 Negara yakni Indonesia, Kyrgystan dan Tanzania," kata CEO NICE Indonesia, Dasril Guntara, di Hotel Swiss-Belresidences Kalibata-Jakarta, dalam keterangan diperoleh Jumat (17/9).

Dasril menjelaskan, ROOTS Edu memiliki tujuan untuk meningkatkan kompetensi mengajar para guru, dengan memberikan metode pengajaran atau teknik fasilitasi kelas terbaru yaitu FIRST Framework.

Teknik tersebut dikembangkan oleh NAMA Foundation yang berbasis di Malaysia berkolaborasi NICE Indonesia yang mengubah paradigma pengajaran dari semula berfokus pada guru, menjadi berfokus kepada murid.

Untuk tahun ini ada sejumlah sekolah yang menjadi penerima manfaat dari program ROOTs Edu antara lain SMPIT Latansa Cendikia, Sekolah Islam Sinar Cendikia, SMA Muhammadiyah 13.

Kemudian SMPIT Cordova, Sekolah Alam Indonesia, SMP Ummu’l Quro Depok, SMPIT Kaifa, dan SMP Negeri 12 Depok. Tahun ini program dilaksanakan dalam 6 angkatan, yang dimulai sejak bulan Maret hingga berakhir di bulan September ini.

Apresiasi

Acara yang dikemas dengan apik ini mendapatkan respons positif dari sejumlah peserta yang mengikuti propgram tersebut. Program ROOTs Edu banyak membuka wawasan bagi para guru.

"Terima kasih, tiga hari pelatihan yang luar biasa, membuka wawasan kita dalam proses pendidikan anak-anak," ucap Kepala Sekolah Sinar Cendekia, Budi Haryanto.

Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 13 Jakarta, Madu Nurliasari mengaku, program ROOTs Edu banyak memberikan perubahan pada guru.

"Program ROOTs ini banyak sekali memberikan perubahan kepada kita (guru-red), tentunya segera akan kita aplikasikan ke dalam kelas-kelas kami yang akan menyenangkan untuk peserta didik kami," sebutnya.

NICE Indonesia merupakan institusi social enterprise yang bergerak untuk peningkatan kapasitas dalam bidang pendidikan dan sektor ketiga.

Misi NICE Indonesia adalah untuk memperkuat masyarakat dan organisasi melalui pengembangan kapasitas dalam pengelolaan dana, penciptaan program yang berdampak kuat, serta pelayanan pengembangan manusia untuk mewujudkan Indoenesia yang lebih baik.

NICE Indonesia sendiri adalah anak usaha Yayasan Wafaa Indonesia Gemilang yang merupakan mitra strategis NAMA Foundation di Indonesia.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi