Suami Talak Istri Hanya Beberapa Detik Setelah Akad

Suami Talak Istri Hanya Beberapa Detik Setelah Akad
Tangkapan layar video yang memperlihatkan suami talak istri setelah akad (Net)

Analisadaily.com, Sumbawa - Peristiwa langka yang cukup memprihatinkan terjadi dalam sebuah resepsi pernikahan di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Betapa tidak, mempelai pria langsung menjatuhkan talak kepada istrinya setelah beberapa detik mengucap akad nikah.

Momen itu terekam dalam video yang kemudian viral di media sosial (medsos). Tampak pernikahan digelar di halaman rumah. Mempelai pria dan wanita duduk berdampingan di hadapan penghulu dan saksi.

Penghulu lalu bertanya, apakah mempelai wanita ingin suaminya membacakan sighat taklik. Ada 4 janji yang dibacakan suami pada sighat taklik yaitu:

1. Tidak meninggalkan istri lebih 2 tahun berturut-turut,
2. Senantiasa memberi memberi nafkah wajib terhadap istri,
3. Tidak membiarkan atau mempedulikan istri lebih dari 6 bulan,
4. Tidak menyakiti jasmani/fisik istri.

Mempelai wanita menjawab tidak ingin suami membaca sighat taklik. Jawaban sama dikatakannya saat penghulu mengulang pertanyaan tersebut.

Setelah itu, penghulu meminta pengantin pria menandatangani dokumen pernikahan. Namun bukannya tanda tangan, sang pria justru mengambil mikrofon dan menjatuhkan talak kepada pengantin wanita.

Perkataan talak itu langsung membuat emosi pria berbaju batik dan bermasker biru yang ada di depan si pengantin wanita. Video kemudian memperlihatkan terjadinya perkelahian dan si pengantin pria terkena pukulan.

Kedua mempelai tersebut ialah Fendi dan Yati. Sahabat Yati, Nuraini, menceritakan duduk masalah hingga akad pernikahan itu diwarnai keributan.

Nuraini mengatakan Fendi dan Yati sudah berpacaran selama bertahun-tahun. Mereka kemudian sepakat menikah setelah Yati hamil.

Namun pihak mempelai pria tak menyetujui hubungan tersebut. Mereka ingin membatalkan pernikahan yang sudah di depan mata.

"Mau bagaimana lagi mbak Yati sudah hamil dan harus menikah. Dan pernikahan itu dilakukan. Semuanya sudah disiapkan oleh keluarga mbak Yati. Mulai dari perjamuan dan semua tamu undangan," kata Nuraini, dilansir dari detikcom, Selasa (28/9).

Menurutnya Yati bersedia dinikahi Fendi meski tanpa mahar. Yati ingin meminta pertanggungjawaban dari Fendi.

Akibat ditalak saat akad, Yati sempat dilarikan ke rumah sakit. Sementara Fendi diamankan masyarakat.

Beberapa hari kemudian, Fendi dan keluarganya meminta maaf serta menyatakan menyesal. Yati dan Fendi pun sepakat membina keluarga bersama.

(EAL)

Baca Juga

Rekomendasi