Gubernur Aceh Sudah ke UEA

Murban Energy Tunda Teken Investasi Wisata di Pulau Banyak

Murban Energy Tunda Teken Investasi Wisata di Pulau Banyak
Juru Bicara Pemerintah Aceh, Muhammad MTA (Analisadaily/Muhammad Saman)

Analisadaily.com, Banda Aceh - Penandatanganan Nota Kesepahaman atau MoU antara Pemerintah Aceh dengan Murban Energy, Uni Emirat Arab (UAE), terkait investasi pengembangan kawasan wisata di Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, batal terlaksana.

PadahalbGubernur Aceh, Nova Iriansyah, sudah bersusah payah datang ke Abu Dhabi dan Dubai, UEA dengan kondisi bertongkat karena sedang dalam perawatan akibat patah tulang mendampingi Presiden Jokowi pada 1-5 November 2021.

Sebelumnya Duta Besar RI di Abu Dhabi, UAE secara khusus juga mengundang Gubernur Aceh bersama tim secara resmi untuk ke Abu Dhabi dan Dubai mulai 1-5 November 2021 dengan maksud penandatanganan MoU antara Pemerintah Aceh dengan Murban Energy.

Terkait tertundanya penandatanganan MoU dengan Murban Energy, Juru Bicara Pemerintah Aceh Muhammad MTA menyampaikan, MoU ini merupakan rencana bersama Pemerintah Aceh dan juga Pemerintah Pusat.

Penyiapan Draf MoU sudah dibahas lintas Kementerian dibawah inisiatif Kemenko Maritim dan Investasi.

"Setelah draf MoU selesai, kita kirimkan ke pihak Murban Energy melalui KBRI di Abu Dhabi, karena memang pihak Murban Energy meminta seperti itu," ujar Muhammad MTA, dalam penjelasannya di Banda Aceh, Sabtu (6/11).

Disebutkannya, agenda penandatanganan MoU memang sudah dijadwalkan secara bersama karena sudah masuk dalam agenda KBRI terkait kunjungan Presiden RI.

Dan sudah mendapatkan sambutan dari pihak Murban Energy, terutama dari Direktur Eksekutif Murban Energy sendiri yang sudah dua kali ke Pulau Banyak Singkil terkait rencana investasi ini.

"Secara khusus dapat kami sampaikan, pada 28 September 2021 Duta Besar RI di Abu Dhabi, UAE mengundang Gubernur Aceh bersama tim secara resmi untuk ke Abu Dhabi dan Dubai mulai 1-5 November 2021.

Dimana sangat jelas tersebutkan terkait kunjungan Presiden RI ke Abu Dhabi dan Dubai yang salah satu hal penting adalah terkait kelanjutan rencana investasi perusahaan UAE Murban Energy di Pulau Banyak, Singkil," terang MTA.

Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa Duta Besar telah melakukan koordinasi dengan pihak Murban Energy dan secara prinsip telah setuju untuk melakukan penandatanganan MoU, dan pihak Murban Energy akan menyampaikan tentative setelah melakukan kajian dan analisis terhadap draf MoU yang telah mereka terima.

Secara tentative jadwal penandatangan telah disiapkan pada 2 November 2021, namun sampai waktu tersebut pihak KBRI belum mendapatkan respon kepastian dari pihak Murban Energy.

Karena ini terkait investasi besar bagi Murban Energy, pihak Pemerintah Indonesia dan juga Pemerintah Aceh sebagai bagian dari delegasi RI memberikan keleluasaan bagi pihak Murban Energy untuk melakukan kajian dan analisis terhadap rencana investasi tersebut yang mungkin masih memerlukan waktu tambahan.

"Pergeseran waktu dalam mewujudkan MoU suatu investasi berskala besar merupakan sesuatu yang wajar, dan kita sangat menghormati kebijakan pihak Murban Energy ini, yang mungkin saat ini masih membutuhkan waktu tambahan dalam persiapan mewujudkan cita-cita rencana investasi di Indonesia, dalam hal ini di Pulau Banyak, Aceh Singkil," ungkap MTA.

Walau terjadinya penundaan penandatanganan MoU dengan pihak Murban Energy terkait investasi Pulau Banyak Singkil, lanjut MTA, namun beberapa MoU lain investasi Indonesia berjalan lancar.

Pada pertemuan Gubernur Aceh 4 November 2021 dengan Presiden RI pada kunjungan Presiden Pavilliun Indonesia, Presiden menyampaikan akan mendorong dengan sangat serius rencana MoU dengan pihak Murban yang merupakan follow up LoI (Letter of Intent) antara Gubernur Aceh dengan Managing director Murban Energy Ltd Abudhabi UAE , yang sebelumnya pada 3 November 2021 telah dilaksanakan pertemuan bilateral kedua kepala negara Indonesia - UAE membahas investasi, Perdagangan dan Ibu Kota Baru Indonesia.

"Dapat kami sampaikan juga, walau terjadinya penundaan MoU dengan Murban terkait Pulau Banyak, namun pihak Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Aceh secara aktif turut mempromosikan potensi-potensi investasi lain (multi-efek) sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari rencana investasi besar yang dilakukan oleh UEA tersebut. Tentu juga potensi investasi lain di Aceh pada Dubai Expo 2021 ini," ungkapnya.

Sebagai bagian dari delegasi Indonesia, Gubernur Aceh bersama tim telah memberikan peran terbaik dalam mewujudkan cita-cita investasi Indonesia yang baik dimasa depan.

"Semoga ke depan dunia investasi Indonesia semakin sehat dan maju, dan mensejahterakan bagi segenap masyarakat Indonesia, terutama masyarakat Aceh," pungkas Muhammad MTA, Juru Bicara Pemerintah Aceh

(MHD/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi