Vaksinasi Anak 11 Tahun ke Bawah Tunggu Instruksi Pusat

Vaksinasi Anak 11 Tahun ke Bawah Tunggu Instruksi Pusat
Anak-anak usia 6 hingga 11 tahun masih menanti waktu divaksin (Analisadaily/Qodrat Al Qadri)

Analisadaily.com, Medan - Vaksinasi sangat penting dalam membentuk imunitas terhadap anak, terlebih saat kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) yang sudah digelar sejak bulan lalu.

Namun vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 11 tahun ke bawah di Sumatera Utara masih menunggu instruksi dari Kementerian Kesehatan.

"Penyuntikan vaksin di bawah usia 11 tahun ini sudah dibolehkan oleh BBPOM RI. Jadi sebenarnya kita hanya menunggu instruksi dari Kementerian Kesehatan saja," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, Ismail di Medan, Selasa (23/11)

Lebih jauh Ismail menyebut pihaknya juga masih melakukan pendataan terkait jumlah sasaran yang bakal divaksin.

"Semua masih kita data, soal berapa anak di Sumut yang harus divaksin. Rencananya jika vaksinasi ini dilakukan akan menggunakan vaksin Sinovac dengan dosis 0.5 ml," ungkapnya.

Disebutkannya, anak-anak juga sangat berisiko terinfeksi dan dapat pula menjadi carrier virus kepada orang tua dan kelompok rentan.

"Vaksinasi memang diperlukan, tapi kapan pelaksanaannya masih kita tunggu instruksi secara resmi," tuturnya.

Diketahui, Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan Emergency Use of Authorization (EUA) vaksin Sinovac bagi anak usia 6-11 tahun.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) juga telah mengeluarkan rekomendasi pembaharuan terkait pemberian vaksin Covid-19 Sinovac pada anak usia 6 tahun ke atas.

(QQ/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi