Dosen dan Mahasiswa FE UMN Al Washliyah Tingkatkan Keahlian Pemuda Sidorame Barat I

Dosen dan Mahasiswa FE UMN Al Washliyah Tingkatkan Keahlian Pemuda Sidorame Barat I
Dosen dan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Nusantara (FE UMN) Al Washliyah Medan melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Dosen dan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Nusantara (FE UMN) Al Washliyah Medan melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, dengan menggelar pelatihan kompetensi SDM bagi pemuda di Kelurahan Sidorame Barat I, Kecamatan Medan Perjuangan, Kota Medan, dalam menghadapi Society 5.0.

Kegiatan yang digelar secara tatap muka dengan mengikuti protokol kesehatan (prokes) ini merupakan wujud nyata dari pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Melalui pengabdian ini diharapkan peran perguruan tinggi dapat langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Ketua Pelaksana yang merupakan dosen program studi manajemen FE UMN Al Washliyah, Dr. Anggia Sari Lubis mengatakan, pelatihan ini dimaksudkan agar para pemuda mendapatkan pengetahuan tentang perkembangan revolusi industri, karena sebentar lagi Indonesia akan menghadapi era Society 5.0, sehingga kompetensi sumber daya manusia juga harus disesuaikan dengan kompetensi yang dibutuhkan untuk menghadapi era Society 5.0.

“Target dari pengabdian kepada masyarakat ini untuk memberikan pengetahuan, motivasi, dan skill up para pemuda dalam kepemilikan kompetensi yang harus dimiliki dalam menghadapi era Society 5.0. Perlu diberikan suatu kemampuan, pengetahuan, kesadaran, dan keterampilan secara khusus kepada para pemuda sebagai agent of change, generasi penerus yang akan memperkuat daya saing bangsa,” kata Anggia, Jumat (3/12).

Pelatihan ini dibuka Lurah Sidorame Barat 1, Yogi Prayoga, dengan peserta sebanyak 30 oran pemuda dari berbagai organisasi kepemudaan. Pelatihan diawali dengan pemaparan perkembangan revolusi industri oleh Junita Putri Rajana, dilanjutkan dengan materi utama skill up kompetensi dalam menghadapi era Society 5.0 oleh Anggia Sari Lubis.

Dalam pemaparannya saat menyampaikan materi, Anggia menjelaskan tentang langkah-langkah awal bagi para pemuda untuk meningkatkan kompetensi melalui beberapa skill yang harus dimiliki, agar lebih adaptatif dalam menghadapi tantangan dan perubahan yang dihadapi pada era Society 5.0.

Lurah Sidorame Barat 1, Yogi Prayoga menjelaskan, pelatihan ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan kesiapan pemuda menghadapi perubahan. Dengan peningkatan skill dan pengetahuan, diharapkan pemuda dapat memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitar dan memberikan perubahan positif bagi diri sendiri maupun kelompok.

"Pada kesempatan ini saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya pelatihan. Terutama kepada tim pengabdian dari UMN Al Washliyah yang telah memberikan ilmunya kepada para peserta," ucap Yogi.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi