Tiffany Simatupang Jadi Education Student Ambassador

Tiffany Simatupang Jadi Education Student Ambassador
Tiffany Simatupang (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Prestasi membanggakan kembali diukir anak muda Sumatera Utara di kancah internsional. Prestasi membanggakan itu diraih, Tiffany Rovaleska Simatupang yang baru saja dinobatkan sebagai Education Student Ambassador University of Leeds di UK.

Putri pasangan Robin Simatupang dan Vera Boru Pasaribu yang mengambil jurusan International Business and Management ini tertarik dengan kompetisi ini karena sangat kompetitif.

“Persiapan khusus yang saya lakukan adalah mengumpulkan banyak pengalaman dan keterampilan yang saya peroleh sebelumnya dan mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi kompetisi termasuk mempersiapkan mental, apalagi saya adalah mahasiswa tahun pertama di universitas ini,” kata Tiffany yang juga alumni sekolah Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK) PrimeOne School tahun 2020, Senin (6/12).

Menyandang predikat sebagai ambassador, Tiffany berharap dapat membantu mahasiswa agar terhubung dengan manajemen di Universitas dan sebaliknya serta dapat mengadakan acara atau pertemuan dengan orang-orang terkemuka.

“Bagi saya, pengalaman paling mengesankan adalah ketika saya merasakan ketegangan dan tekanan luar biasa di mana mahasiswa sarjana dan pascasarjana menjadi saingan saya untuk menjadi Education Students ambassador apalagi mereka memiliki pengalaman dan keterampilan yang lebih maju,” tandasnya.

Tiffany menceritakan bagaimana tahapan-tahapan yang dilalui dalam kompetisi ini, pertama yang harus saya lakukan adalah melamar dengan CV, surat lamaran dan menulis esai. Selanjutnya esai yang saya buat dipilih oleh mahasiswa melalui situs web (penulis esai disamarkan).

Setelah itu, 3 kandidat teratas dipersilakan untuk presentasi di depan dekan eksekutif dan komite duta mahasiswa tentang proyek dan portofolio yang akan dilakukan ke depan jika terpilih menjadi duta dan tahap terakhir adalah menawarkan program dan keunggulan diri kita sendiri.

“Kepada teman generasi muda, ada banyak peluang di luar sana yang bisa kita ambil, pastikan kalian memanfaatkan peluang tersebut menjadi sebuah tantangan yang ketika berhasil diraih akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi diri kita sendiri maupun orang tua kita,” ucapnya.

Secara khusus, ia menyampaikan terimakasih kepada POS Medan yang telah membentuknya menjadi salah seorang lulusan yang siap melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

“Saya dulu sering mengikuti banyak acara dan kompetisi selama belajar di POS Medan. Saya terpilih menjadi Ms Favorit Prime One School pada tahun 2017. Ini mengembangkan keterampilan komunikasi, jaringan, dan sikap saya. Oleh karena itu, sekarang saya menyadari betapa pentingnya berpartisipasi dalam kompetisi itu dan menerapkan pengalaman dan keterampilan dalam kehidupan saya saat ini,” tutur Tiffany.

(YY/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi