Program One Data USU untuk Layanan Berkualitas dan Unggul

Program One Data USU untuk Layanan Berkualitas dan Unggul
Prof Opim Salim Sitompul saat memimpin apel pagi rutin di Lapangan Biro USU. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Salah satu kunci keberhasilan Universitas Sumatera Utara (USU) dalam memenuhi target layanan berkualitas dan unggul kepada seluruh sivitas akademika USU adalah kesuksesan dalam kompetisi Liga Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (LIGA-PTN BH), yakni tersedianya data yang lengkap, terintegrasi dan mudah diakses.

“Rektor dalam hal ini mengungkapkan betapa pentingnya kita menyiapkan tenaga-tenaga data saintis yang mampu menangani data tersebut, mulai dari mengumpulkan data, menganalisis data, hingga melakukan visualisasi data sehingga dapat mendukung dalam pengambilan keputusan pimpinan universitas,” ujar Wakil Rektor IV Prof. Dr. Opim Salim Sitompul, M.Sc dalam Apel pagi rutin di halaman Gedung Pusat Administrasi USU, Senin (6/12).

Prof. Opim mengatakan, langkah tersebut merupakan inisiasi terhadap program “One Data” USU yang diharapkan dapat dirampungkan dalam periode kepemimpinan sekarang ini.

“Untuk ini kita memerlukan tenaga-tenaga ahli yang handal dalam bidang data science,” ujarnya.

Ia juga mengajak para dosen dan tenaga kependidikan untuk masuk ke dunia data science dan memperdalam pengetahuan untuk menjadi tenaga-tenaga data saintis profesional yang sangat diperlukan di era “informasi maju”.

Prof. Opim juga menyampaikan bahwa saat ini USU telah merampungkan penggunaan tanda tangan elektronik (TTE) bekerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) cq. Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) yang telah mengeluarkan sertifikat elektronik untuk USU.

“Selain dapat digunakan untuk sertifikasi tanda tangan secara elektronik, sertifikat ini juga akan berlaku untuk semua dokumen yang menyertainya,” ucapnya.

Ia menjelaskan, bahwa pada periode pertama, pembubuhan tanda tangan elektronik telah dapat dilakukan oleh rektor, wakil rektor, dan kepala-kepala biro di lingkungan USU. Selanjutnya tanda tangan elektronik ini segera akan diteruskan kepada pimpinan-pimpinan satuan kerja di tingkat fakultas/program studi dan semua lembaga/unit di lingkungan USU.

“Selain menjamin keaslian dan keamanan surat, diharapkan penerbitan dokumen elektronik ini akan memberikan dampak kepada penghematan penggunaan kertas dan memperkuat dukungan Universitas Sumatera Utara sebagai green campus,” ujarnya.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi