Asal Usul Nama Pak Ogah yang Kini Terbaring Sakit

Asal Usul Nama Pak Ogah yang Kini Terbaring Sakit
Abdul Hamid memegang boneka Pak Ogah (Detik.com)

Analisadaily.com, Jakarta - Dalam film boneka Si Unyil, Pak Ogah merupakan salah satu sosok sentral yang identik dengan kepala botak dan suka meminta uang cepek (Rp 100) pada orang-orang yang lewat di pos hansip.

Lakon sekaligus pengisi suara Pak Ogah adalah Abdul Hamid (74) yang punya perawakan mirip dengan bonekanya.

Namun sifat Abdul Hamid dengan bonekanya sangat berbeda karena dia dikenal sebagai seorang pekerja keras. Sedangkan Pak Ogah dikenal sebagai sosok pemalas.

"Awalnya masuk dunia seni, dia (Abdul Hamid) tidak langsung masuk ke seni. Tapi dia bantu mungkin jadi tukang, kru-kru film layar lebar," kata Yuyun Widayanti, istri dari Abdul Hamid, dilansir dari detikcom, Minggu (9/12).

Sebelum muncul tokoh Pak Ogah di film Si Unyil, Abdul Hamid sempat mengisi suara sebagai penjahat, dan Engkong Meilani di serial Si Unyil. Pak Raden yang memperhatikan sosok Abdul, akhirnya melukis tokoh Pak Ogah yang sangat mirip dengan wujud Abdul Hamid.

"Dilukislah sama Pak Raden kepalanya Pak Ogah. Makanya kepalanya agak ke belakang, jadi mirip. Dari situ, lahirlah tokoh Pak Ogah," ujar Yuyun

Abdul Hamid mengakui dari sekian banyak tokoh yang sempat digeluti sebagai pengisi suara di film Si Unyil, karakter Pak Ogah lah yang membuat dia terkenal. Terbukti, di kehidupan nyata pun ia kerap dipanggil dengan sebutan Pak Ogah.

"Dulunya banyak, jadi Pak Engkong, jadi Pak Ogah, jadi penjahat. Tapi dari sekian banyak panggilan, jadinya dipanggil 1 nama, "Pak Ogah"," ujar Abdul Hamid.

Sudah setahun Abdul Hamid jatuh sakit. Dalam 4 bulan terakhir ini kondisi ingatannya juga berkurang dan bicaranya juga kadang ngelantur serta tidak jelas.

"Saya jujur, dalam 4 bulan ini sedih juga gitu melihat Pak Ogah. Saya bilang, apa semacam pikun atau stres, kok kayak anak kecil? Kok marah-marah mulu?," ungkap Yuyun.

Sebelumnya diberitakan pengisi suara Pak Ogah ini mengalami penyumbatan di otak. Tidak lama kemudian penyakitnya bertambah, ada batu di empedunya. Belum lama ini kembali dirawat lagi, dikarenakan dehidrasi, kekurangan oksigen dan darah tinggi.

Kamu bisa membantu meringankan kehidupan Pak Ogah lewat berbuatbaik.id. Caranya yaitu dengan berdonasi lewat platform berbuatbaik.id yang berkomitmen untuk memberikan bantuan sampai ke penerima100%tanpa ada potongan.

Jadi #sahabatbaikmulai pilih platform donasi yang tepercaya untuk membantu orang-orang malang seperti Pak Ogah.

Baca Juga

Rekomendasi