Dini Hari Tadi, Guncangan Gempa Dirasakan Warga Maluku dan Ondong Sulut

Dini Hari Tadi, Guncangan Gempa Dirasakan Warga Maluku dan Ondong Sulut
Gempa di Maluku (BNPB Indonesia)

Analisadaily.com, Maluku - Guncangan gempa dirasakan warga di wilayah Provinsi Maluku dan Provinsi Sulawesi Utara, Selasa (8/3) dini hari tadi. Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB menghimpun informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa terjadi di 2 titik berbeda.

Gempa pertama terjadi di wilayah Provinsi Maluku dengan magnitude 5.0 pukul 00.23 WIB. Pusat gempa berada pada 230 Kilometer (Km) barat laut Maluku Tenggara Barat dengan kedalaman 147 Km.

Sedangkan gempa kedua terjadi di wilayah Ondong Kepulauan Sitaro dengan magnitudo 5,6 pukul 01.13 WIB. Pusat gempa berada pada 65 Km Tenggara Ondong, Kepulauan Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara, dengan kedalaman 32 Km.

“Menurut Skala MMI, gempa dirasakan dengan skala III di Manado, Siau dan Minahasa Utara, Skala II di Tondano dan Bitung,” kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari.

Berdasarkan pemodelannya, kedua gempa tersebut tidak memicu terjadinya tsunami. Namun demikian, para warga diminta tetap waspada terhadap potensi gempa susulan. Hingga kini Pusdalops BNPB masih memantau dan melakukan koordinasi dengan BPBD setempat guna mendapatkan informasi terkini dan dampak kerusakan dilokasi kejadian.

Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan siap siaga terhadap potensi bahaya gempa. Selain itu, kegiatan siskamling juga bisa dilaksanakan setiap malam. Warga berjaga untuk antisipasi risiko yang muncul untuk meminimalisir ancaman bahaya gempa bumi.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi