5 Destinasi Wisata di Lombok yang Bisa Dikunjungi Setelah Nonton MotoGP

5 Destinasi Wisata di Lombok yang Bisa Dikunjungi Setelah Nonton MotoGP
Pantai Pink ((Bro Bali/waniq))

Analisadaily.com, Lombok - Sektor pariwisata perlahan tapi pasti mulai kembali bergeliat dengan ramainya wisatawan yang berlibur ke berbagai daerah di Indonesia, termasuk Lombok. Bersama dengan Bali, Lombok menjadi salah satu pulau favorit wisatawan untuk menghabiskan masa liburan.

Alamnya yang indah, hamparan laut yang mempesona, hingga kulinernya yang menggoyang lidah menjadi sederet alasan mengapa Lombok selalu diminati wisatawan. Hal ini juga bisa terlihat dari mulai larisnya tiket pesawat ke Lombok di berbagai platform, termasuk Traveloka Lifestyle SuperApp.

Terlebih, pada 18-20 Maret 2022 mendatang, di Lombok akan diselenggarakan MotoGP Mandalika yang berhasil menarik atensi banyak wisatawan untuk berkunjung. Namun, tak hanya MotoGP, di Lombok juga terdapat deretan destinasi wisata yang bisa dikunjungi wisatawan. Apa saja?

1. Pantai Pink

Pertama, ada Pantai Tangsi atau yang lebih dikenal dengan nama Pantai Pink. Pantai ini merupakan salah satu dari dua pantai di Indonesia yang memiliki pasir berwarna pink, selain di Labuan Bajo.

Pantai Pink menjadi salah satu destinasi wajib untuk wisatawan yang ingin berkunjung ke Lombok. Pantai Pink dikenal memiliki hamparan pasir yang lembut berwarna pink. Warnanya yang pink disebabkan oleh pecahan terumbu karang berwarna merah, yang bercampur dengan pasir berwarna putih.

Selain pasirnya yang unik, pantai cantik di Lombok ini juga memiliki deburan ombak yang tenang, serta air lautnya yang berwarna biru kehijauan. Ada banyak aktivitas yang bisa dicoba di pantai ini, seperti berenang, snorkeling, hingga bermain di bibir pantainya yang menawan.

2. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan (Flickr/Marlina Desti Antari)
Bagi Anda yang berencana menonton MotoGP, tak ada salahnya untuk mampir ke Pantai Tanjung Aan yang juga mempesona. Pantai Tanjung Aan juga termasuk salah satu pantai favorit wisatawan saat berkunjung ke Lombok.

Berada di Sengkol, Kuta, Kabupaten Lombok Tengah, pantai ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia dan memiliki garis pantai kurang lebih 2 km. Pantai Tanjung Aan juga dikelilingi oleh Bukit Merese dengan latar hamparan langit biru, sehingga menghasilkan pemandangan yang menawan untuk disaksikan.

Tak hanya itu, Pantai Tanjung Aan juga memiliki ombak yang tidak terlalu besar, sehingga sangat cocok untuk Anda yang ingin berenang, snorkeling, berselancar, atau sekadar menikmati deburan ombak.

Lokasinya pun tak terlalu jauh dari Bandara Lombok, hanya memerlukan waktu kurang lebih 30 menit menggunakan mobil untuk sampai ke pantai ini. Mudah, bukan?

3. Bukit Merese

Bukit Merese (Travelingyuk.com)
Tak lengkap rasanya jika berbicara tentang destinasi wisata wajib di Lombok, tanpa memasukkan nama Bukit Merese. Bukit Merese merupakan bukit yang mengelilingi Pantai Tanjung Aan, yang terletak di Jalan Kuta Lombok, Kuta Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

Bersama dengan Pantai Tanjung Aan dan Pantai Pink, Bukit Merese merupakan destinasi hits yang ada di Lombok dan wajib dikunjungi wisatawan. Di bukit ini, Anda bisa melihat hamparan rerumputan hijau, dengan latar belakang lautan luas yang membentang.

Di Bukit Merese juga terdapat banyak spot Instagramable, yang bisa mempercantik feed Instagram Anda. Bahkan, saking indahnya, bukit ini tak jarang dijadikan sebagai lokasi untuk foto pre-wedding.

Namun, Anda harus hati-hati, karena kadang kala di bukit ini terdapat gerombolan sapi dan kerbau yang sedang mencari makan. Jika bertemu dengan hewan ini, jangan sampai mengganggunya, ya!

4. Bukit Selong

Bukit Selong (Blog Siti Mustiani)
Tak melulu pantai, di Lombok juga terdapat destinasi lainnya yang memikat hati dan populer, salah satunya Bukit Selong. Bukit ini tak hanya menawarkan keindahan alam terbuka saja, tetapi juga sajian sejarah dan budaya khas Pulau Seribu Masjid tersebut.

Bukit Selong memiliki ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut (mdpl). Meskipun demikian, jalan menuju Bukit Selong Sembalun dapat ditempuh dengan mudah karena hadirnya anak tangga yang bisa meringankan jalur trekking para wisatawan.

Selain hamparan pemandangan yang indah, Bukit Selong juga dikenal sebagai wisata Sembalun yang menawarkan panorama Gunung Rinjani dari sisi lain. Megahnya Gunung Rinjani akan terlihat jelas dari atas Bukit Selong. Menarik, kan?

5. Taman Wisata Pusuk Sembalun

Taman Wisata Pusuk Sembalun (Instagram.com/Adhy_nata)
Kemudian, ada Taman Wisata Pusuk Sembalun yang merupakan kawasan wisata alam dengan view khas lereng Gunung Rinjani, Lombok. Dari taman wisata ini, Anda bisa melihat pemandangan yang didominasi oleh bukit-bukit, gunung, hamparan sawah, dan rumah adat yang bernilai sejarah tinggi.

Ada banyak daya tarik yang ditawarkan oleh Taman Wisata Pusuk Sembalun, salah satunya adalah Desa Beleq. Taman Wisata Pusuk Sembalun memang terkenal sebagai wisata Lombok yang memiliki jejak sejarah tentang awal mula terbentuknya masyarakat Sembalun, hal ini bisa terlihat dari Desa Beleq.

Desa Beleq mempunya ciri khas, serta tradisi yang masih lestari hingga kini. Menariknya, rumah yang ada di Desa Beleq hanya berjumlah 7 rumah. Bahan bangunan yang digunakan pun berasal dari alam sekitar, seperti atap rumah yang terbuat dari bambu, dan alasnya yang terbuat dari tanah liat serta kotoran sapi.

Itulah lima destinasi wisata yang wajib masuk ke dalam itinerary saat Anda berkunjung ke Lombok. Bagaimana, semakin tidak sabar untuk liburan ke Lombok?

(EAL)

Baca Juga

Rekomendasi