Dishub Taput Sosialisasi KIR dan KPS Terhadap Angkutan Desa

Dishub Taput Sosialisasi KIR dan KPS Terhadap Angkutan Desa
Pihak Dishub Taput sosialisasi KIR dan Perpanjangan Kartu Pengawasan (KPS) terhadap para pengusaha angdes di Terminal Tarutung (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Tarutung - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) sosialisasi KIR dan Perpanjangan Kartu Pengawasan (KPS) terhadap para pengusaha angkutan desa (angdes) di Terminal Tarutung, Rabu (16/3).

Selain sosialisasi KIR dan KPS, Dishub juga sekaligus sosialisasi izin trayek, penyeragaman warna angkutan sesuai dengan yang tertera pada izin induk, dan nomor kode plat angkutan.

Kepala Dinas Perhubungan Taput, Kijo Sinaga mengatakan, sosialisasi ini intens dilakukan kepada para pengusaha angkutan agar bisa tertib mematuhi aturan administrasi dan tertib berlalulintas.

"Kita intensnya melakukan sosialisasi kepada pengusaha angkutan agar bisa tertib administrasi seperti uji KIR berkala, KPS, ijin trayek, warna angkutan, dan aturan berlalulintas," ujarnya.

Dia mengungkapkan, ada sekitar 415 unit Angdes yang beroperasi di wilayah Taput seperti angdes merek Aek Mual, Silindung, Kompi Lima, kurnia, dan merek lainnya.

Namun dia mengaku, dari jumlah itu belum semua angdes yang sudah melengkapi tertib administrasinya sesuai aturan.

"Seperti uji KIR, kemudian masih ada yang masih menggunakan plat kode wilayah B," katanya.

Untuk itu, dia berharap dengan intensnya kegiatan sosialisasi ini, para pengusaha angkutan bisa mematuhi aturan administrasi dan aturan lalulintas lainnya.

"Jadi kita berharap para angkutan nanti bisa tertib uji KIR, dan khusus untuk angkutan yang masih menggunakan plat B, kita himbau agar segera diganti ke kode menjadi plat BB (kode wilayah Taput)," tandasnya.

(CAN/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi