WHO Rekomendasikan Pil Antivirus Covid-19 Pfizer Paxlovid

WHO Rekomendasikan Pil Antivirus Covid-19 Pfizer Paxlovid
Uji coba menunjukkan pil Paxlovid Pfizer mengurangi risiko masuk rumah sakit hingga 85 persen. (AFP/File/Don Emmert)

Analisadaily.com, Jenewa - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) "sangat merekomendasikan" pil antivirus Covid-19 Pfizer Paxlovid untuk pasien dengan bentuk penyakit yang lebih ringan yang masih berisiko tinggi dirawat di rumah sakit.

Namun lembaga PBB itu memperingatkan "sangat prihatin" bahwa ketidaksetaraan dalam akses vaksin Covid-19 akan kembali membuat negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah "didorong ke ujung antrian".

"Kombinasi nirmatrelvir dan ritonavir dari raksasa farmasi AS, Pfizer, adalah "pilihan unggul" pengobatan untuk orang yang tidak divaksinasi, lanjut usia, atau orang yang sistem kekebalannya terganggu dengan Covid-19," kata para ahli WHO dalam jurnal medis BMJ dilansir dari AFP dan Channel News Asia, Jumat (22/4).

Untuk pasien yang sama, WHO juga membuat "rekomendasi bersyarat (lemah)" dari obat antivirus remdesivir yang dibuat oleh perusahaan biotek AS Gilead, yang sebelumnya telah direkomendasikan untuk ditentang.

WHO merekomendasikan Paxlovid daripada remdesivir, serta lebih dari pil molnupiravir Merck dan antibodi monoklonal.

"Perawatan oral Pfizer mencegah rawat inap lebih dari "alternatif yang tersedia, memiliki lebih sedikit kekhawatiran sehubungan dengan bahaya daripada molnupiravir, dan lebih mudah diberikan daripada remdesivir dan antibodi intravena," kata para ahli WHO.

Rekomendasi baru ini didasarkan pada temuan dari dua percobaan yang melibatkan hampir 3.100 pasien yang menunjukkan bahwa Paxlovid mengurangi risiko masuk rumah sakit hingga 85 persen. Percobaan juga "menunjukkan tidak ada perbedaan penting dalam kematian" dan "sedikit atau tidak ada risiko efek samping yang mengarah pada penghentian obat".

Rekomendasi ini berlaku untuk orang yang berusia di atas 18 tahun, tetapi tidak untuk wanita hamil atau menyusui. Ini juga tidak berlaku untuk pasien dengan risiko komplikasi penyakit yang rendah, karena manfaatnya akan minimal.

Para ahli WHO juga menolak memberikan pendapat untuk pasien dengan bentuk penyakit yang parah, karena kurangnya data.

"Obat hanya bisa diberikan saat penyakitnya masih stadium awal.Ini berarti pasien harus segera dites positif dan diberi resep pil oleh dokter, yang semuanya dapat menimbulkan hambatan bagi negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah," kata mereka.

Namun pil Covid-19 telah dilihat sebagai langkah yang berpotensi besar dalam mengakhiri pandemi karena dapat dikonsumsi di rumah, bukan di rumah sakit. Pasien harus mulai meminum pil Paxlovid mereka dalam waktu lima hari sejak timbulnya gejala, perjalanannya kemudian berlangsung selama lima hari.

Remdesivir dapat diminum dalam waktu tujuh hari setelah gejala muncul, tetapi diberikan secara intravena selama tiga hari. WHO meminta Pfizer untuk "membuat harga dan penawarannya lebih transparan" untuk Paxlovid.

Penasihat senior WHO untuk akses ke obat-obatan, Lisa Hedman, mengatakan stasiun radio NPR melaporkan satu paket penuh Paxlovid berharga US$530 di Amerika Serikat. Sumber lain yang belum dikonfirmasi memberikan harga US$250 di negara berpenghasilan menengah ke atas.

Sementara remdesivir berharga US$520, kata Hedman, tetapi versi generik yang dibuat oleh perusahaan di India dijual seharga US$53 hingga US$64.

Ada juga tanda tanya apakah virus dapat membangun resistensi terhadap pengobatan ini.

Tetapi awal bulan ini CEO Pfizer, Albert Bourla, meramalkan masa depan yang cerah untuk perawatan seperti Paxlovid karena orang-orang mulai bosan mendapatkan vaksinasi booster lebih lanjut.

Dikecam karena memprioritaskan negara-negara kaya dengan vaksinnya, Pfizer telah setuju untuk mengizinkan beberapa pembuat obat generik di seluruh dunia untuk membuat versi Paxlovid yang lebih murah di bawah skema yang didukung PBB.

Tetapi pada hari Jumat (22/4) WHO "sangat merekomendasikan" agar Pfizer membiarkan lebih banyak produsen generik memproduksi obat dan "embuatnya tersedia lebih cepat dengan harga terjangkau.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi