Hujan Lebat, Angin Kencang Diperkirakan Terjadi di Sumatera Utara

Hujan Lebat, Angin Kencang Diperkirakan Terjadi di Sumatera Utara
Hujan (ANTARA/Nova Wahyudi)

Analisadaily.com, Medan - Sejumlah daerah di Indonesia diperkirakan bakal diguyur hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada Rabu (27/4). Daerah yang dimaksud diantaranya Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

"Prakiraan cuaca tersebut juga berlaku bagi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua," kata Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dilansir dari Antara, Rabu (27/4).

Sementara daerah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah DKI Jakarta dan Nusa Tenggara Barat. BMKG memberikan peringatan gelombang tinggi 2,5-4 meter di area Perairan Barat Enggano hingga Lampung, Selat Sunda, Perairan Selatan Banten, Samudra Hindia Barat Aceh serta Lampung hingga Selatan Jawa.

"Masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi diimbau agar tetap selalu waspada. Bidang pelayaran juga diharapkan memperhatikan peringatan tersebut," kata mereka.

Peringatan gelombang tinggi itu berlaku mulai Selasa (26/4) pukul 14.00 WIB hingga Kamis (28/4) pukul 14.00 WIB.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi