Volodymyr Zelenskyy, Vladimir Putin Diundang ke KTT G20

Volodymyr Zelenskyy, Vladimir Putin Diundang ke KTT G20
Presiden Indonesia, Joko Widodo memberikan pidato di kota Nusa Dua di pulau resor Indonesia Bali pada 25 Maret 2022. (AFP/Sonny Tumbelaka)

Analisadaily.com, Jakarta - Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, telah diundang ke KTT G20 pada November, yang juga akan dihadiri oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin.

“Saya telah mengundang Presiden Zelenskyy untuk menghadiri KTT G20,” kata Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dilansir dari Channel News Asia, Jumat (29/4).

Jokowi juga menyampaikan, Putin mengkonfirmasi dalam panggilan telepon dengan Widodo bahwa dia akan menghadiri KTT, yang akan berlangsung di pulau Bali. Rusia adalah anggota G20, sedangkan Ukraina bukan.

Sejak dimulainya perang di Ukraina, Indonesia telah menghadapi tekanan sengit dari negara-negara Barat, yang dipimpin oleh Amerika Serikat, untuk melarang Rusia menghadiri KTT.

Namun Jakarta bersikeras bahwa, sebagai tuan rumah, harus tetap tidak memihak, sementara Presiden AS Joe Biden menyarankan agar Ukraina bisa ambil bagian.

Zelenskyy telah mengumumkan dalam sebuah tweet bahwa ia diundang ke KTT oleh Indonesia pada hari Rabu, menyusul panggilan telepon dengan Widodo.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi