Akuberbagi.com dan Bank Mestika Tingkatkan Keterampilan Digital Generasi Muda Medan

Akuberbagi.com dan Bank Mestika Tingkatkan Keterampilan Digital Generasi Muda Medan
Tingkatkan keterampilan digital generasi muda di Medan (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Distrupsi digital yang semakin meluas saat ini menuntut generasi muda untuk mempersiapkan diri dan meningkatkan kemampuan skill digital mereka. Dunia digital memang bukan hal yang asing lagi karena menurut data, 98% anak dan remaja sudah mengetahui tentang internet dan 79,5% diantaranya pengguna internet.

Namun faktanya, distrupsi digital tidak hanya soal internet, melainkan generasi muda juga harus bisa memanfaatkan beragam teknologi. Di sisi lain, Kementrian Informatika dan Komunikasi (Kemkominfo RI) merilis bahwa Indeks Literasi Digital Indonesia berada di angka 3,49 – dengan skor indeks 0 sampai 5, yang menempatkan Indonesia dalam kategori sedang.

Untuk itu, Akuberbagi.com dan Bank Mestika menyalurkan bantuan dana sosial dalam bentuk donasi langsung dan warisan senilai Rp 79 juta untuk program Terampil Digital.

Wakaf dan bantuan sosial ini merupakan hasil kerja sama dari Bank Mestika bersama dengan Akuberbagi.com yang dimotori oleh Generali Indonesia, yang disalurkan melalui lembaga non-profit Hope worldwide Indonesia dalam program Terampil Digital. Program ini ditujukan untuk melayani masyarakat yang mempunyai keinginan dalam menggali ilmu di bidang informasi dan teknologi terutama anak-anak yang berasal dari keluarga kurang beruntung.

Sesi penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan di kota Medan yang dihadiri oleh Wilson Malau (Head of Aku Berbagi) selaku perwakilan Generali Indonesia bersama dengan Doris Thianne (Kepala Seksi Corporate Secretary Bank Mestika), serta Naryadin Napitupulu selaku perwakilan HOPE worldwide Medan dan Leo Agustiar, selaku guru pendamping program serta beberapa peserta.

Marihot A. Pasaribu, Direktur Generali Indonesia melalui siaran pers, Senin (4/7) mengungkapkan, “Selain memberikan proteksi online berbasis syariah yang dilengkapi juga dengan fitur wakaf, Akuberbagi.com juga bisa memfasilitasi mitra bisnis dan perusahaan dalam menyalurkan dana sosial yang bisa disalurkan dalam bentuk donasi langsung dan warisan. Saat ini, kami membantu mitra kami, Bank Mestika, untuk bisa berkontribusi untuk membangun skill digital anak muda agar bisa lebih siap dalam menghadapi masa depan yang tentunya saat ini berfokus pada optimasi teknologi.”

Menyambung pernyataan tersebut, Doris Thianne selaku Kepala Seksi Corporate Secretary Bank Mestika mengungkapkan,”Pemberian wakaf dan bantuan sosial ini menunjukkan bahwa Bank Mestika, tidak hanya fokus pada tujuan bisnis saja tetapi turut berpartisipasi dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakan di lingkungan sekitar sebagai bentuk kepedulian sosial kepada masyarakat.”

Memberikan banyak pelatihan digital untuk para generasi muda penerus, program Terampil Digital Medan telah meluluskan 2,322 siswa sejak tahun 2008 dengan fokus pada pemberian pembelajaran materi aplikasi perkantoran (Office), Design Grafis (PS & AI), Teknik Komputer dan Jaringan dan Multimedia. Seluruh siswa yang belajar gratis, tidak dipungut biaya.

Melalui kolaborasi ini, Akuberbagi.com dan Bank Mestika berharap dapat terus berkontribusi dan terlibat dalam isu-isu sosial serta meningkatkan nilai tambah dari dana sosial yang disalurkan secara berkelanjutan.

Selain itu, kedua belah pihak juga berharap melalui program-program di Akuberbagi.com akan semakin banyak anak yang mendapatkan kesempatan yang sama dalam mendapatkan bantuan dan edukasi, guna menciptakan dampak yang positif untuk masa depan yang lebih baik.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi