Sambut Hari Anak Nasional, PKPA Gelar Dua Talkshow

Sambut Hari Anak Nasional, PKPA Gelar Dua Talkshow
PKPA menggelar talkshow exchange learning policy (Analisadaily/istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Yayasan Pusat Kajian dan Perlindungan Anak menyelenggarakan dua talkshow dalam rangka menyambut hari anak nasional.

Pertama talkshow exchange learning policy, Selasa (26/07/2022) digelar pukul 09.00 WIB di Hotel Radisson Jalan Haji Adam Malik No 5 Sekip, Kecamatan Medan Petisah, Medan.

Di talkshow pertama ini, dihadirkan narasumber dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sumatera Utara, Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara, Koordinator PUSPA PKPA, dan Anak perwakilan dari Komunitas Child Led Campaign.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menyambut hari anak nasional yang diperingati setiap tanggal23 Juli sekaligus perayaan HUT Kemerdekaan RI tahun ini.

Keterangan yang diterima wartawan, Koordinator Program PKPA Ayu Lestari, Kamis (21/07/2022), acara ini bertujuan untuk mengurai dan berdiskusi bersama stakeholder terkait sejauh mana peraturan dan kebijakan pemerintah telah berupaya melindungi anak.

Pada talkshow juga ada sesi berbagi praktik baik, terutama terkait kebijakan oleh lembaga dan manfaat yang dirasakan oleh komunitas anak saat mengikuti kegiatan yang mereka anggap aman.
Acara ini mengusung tema "Perayaan Hari Anak Nasional-Berbagi Praktik Baik Kebijakan Lembaga untuk Akhiri Kekerasan terhadap Anak.

Talkshow kedua, tentang perjalan seru membangun Self Love dalam keluarga
Sedangkan talkshow kedua, tentang perjalan seru membangun Self Love dalam keluarga di Hotel Radisson, sekira pukul 13.30 WIB hari yang sama. Kali ini PKPA menghadirkan narasumber Psikolog Irna Minauli (Direktur Minauli Consultan), Camelia Nasution (Sosial Worker) dan Psikolog Meli Siti Maliha SPsi (Psikolog Trainer).

Dia menjelaskan, PKPA merupakan salah satu lembaga non profit yang bekerja pada isu anak di Indonesia. Saat ini PKPA sudah 25 tahun melakukan aktivitas-aktivitas perlindungan dan pemberdayaan dengan berbagai kemitraan dari pemerintah maupun lembaga non pemerintah.

Salah satu program yang dilakukan oleh PKPA adalah mengakhiri segala bentuk kekerasan terhadap anak (ending violence againts children/EVAC). Tujuannya untuk memperkuat sistem perlindungan anak melalui pendekatan partisipasi anak dalam berbagai inisiatif dan kolaboratif yang dipimpin oleh anak.

(NAI/JG)

Baca Juga

Rekomendasi