Ukraina Masih Berperang, Inggris Jadi Tuan Rumah Eurovision 2023

Ukraina Masih Berperang, Inggris Jadi Tuan Rumah Eurovision 2023
Eurovision 2023 (Twitter)

Analisadaily.com, London - Inggris akan menjadi tuan rumah Kontes Lagu Eurovision 2023 karena Ukraina tidak dapat menyelenggarakan acara tersebut, meskipun Kalush Orchestra memenangkan kompetisi tahun ini.

Meskipun secara tradisional negara pemenang menjadi tuan rumah kompetisi pada tahun berikutnya, alternatif untuk 2023 harus ditemukan karena Ukraina tidak dapat menjadi tuan rumah kontes karena perang yang sedang berlangsung dengan Rusia, aksi militer yang diperintahkan oleh Presiden Vladimir Putin.

Peserta dari Inggris tahun 2022, Sam Ryder, menempati posisi kedua di belakang Kalush Orchestra dengan lagunya "Space Man", dan Inggris menawarkan untuk masuk dan menjadi tuan rumah Kontes Lagu Eurovision ke-67 setelah mencapai kesepakatan antara Ukraina dan para penyiar.

BBC, yang akan menyiarkan kompetisi tersebut di Inggris, kini telah mulai mencari kota tuan rumah.

"Sangat disesalkan bahwa rekan dan teman kami di Ukraina tidak dapat menjadi tuan rumah Kontes Lagu Eurovision 2023," kata dia dilansir dari Aceshowbiz, Selasa (26/7).

"Diminta menjadi tuan rumah kompetisi musik terbesar dan paling kompleks di dunia adalah hak istimewa yang besar. BBC sekarang akan memulai proses untuk menemukan kota tuan rumah untuk bermitra dengan kami dalam memberikan salah satu acara paling menarik yang akan datang ke Inggris pada tahun 2023," kata BBC.

"Kami sangat bersyukur BBC telah menerima untuk menyelenggarakan Kontes Lagu Eurovision di Inggris pada tahun 2023. BBC telah mengambil tugas menjadi tuan rumah untuk negara-negara pemenang lainnya pada empat kesempatan sebelumnya," kata Supervisor eksekutif Kontes Lagu Eurovision, Martin Osterdahl.

"Melanjutkan tradisi solidaritas ini, kami tahu bahwa kontes tahun depan akan menampilkan kreativitas dan keterampilan salah satu penyiar publik paling berpengalaman di Eropa sambil memastikan pemenang tahun ini, Ukraina, dirayakan dan diwakili di seluruh acara," tambahnya.

Chief Executive Officer di Perusahaan Penyiaran Publik Ukraina (UA:PBC), Mykola Chernotytskyi, telah mengkonfirmasi bahwa BBC dan European Broadcasting Union (EBU) akan menghormati budaya Ukraina dan kemenangan Kalush Orchestra dengan lagu "Stefania", meskipun pindah ke Chernotytskyi Inggris.

"Kontes Lagu Eurovision 2023 tidak akan diadakan di Ukraina tetapi untuk mendukung Ukraina. Kami berterima kasih kepada mitra BBC kami karena menunjukkan solidaritas dengan kami," kata Mykola.

"Saya yakin bahwa bersama-sama kita akan dapat menambahkan semangat Ukraina ke acara ini dan sekali lagi menyatukan seluruh Eropa di sekitar nilai-nilai perdamaian, dukungan, merayakan keragaman, dan bakat kita bersama," sambungnya.

Bereaksi terhadap berita di Twitter, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengungkapkan dia dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy membahas pentingnya acara merayakan "rakyat Ukraina."

"Minggu lalu Presiden @ZelenskyyUa dan saya setuju bahwa di mana pun Eurovision 2023 diadakan, itu harus merayakan negara dan rakyat Ukraina. Karena kami sekarang menjadi tuan rumah, Inggris akan menghormati janji itu secara langsung dan mengadakan kontes yang fantastis atas nama teman Ukraina kami," tulis Johnson.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi