Dosen FKep USU Pengabdian Masyarakat Perawatan Menopause Bahagia di Medan Johor

Dosen FKep USU Pengabdian Masyarakat Perawatan Menopause Bahagia di Medan Johor
Dosen FKep USU Pengabdian Masyarakat Perawatan Menopause Bahagia di Medan Johor. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Universitas Sumatera Utara (USU) melalui Dosen Fakultas Keperawatan USU melakukan pengabdian masyarakat dengan topik Reproduksi Sehat pada Usia Lanjut dengan Perawatan “Menopause Bahagia” pada Masa Adaptasi Pandemic Covid-19 di Kecamatan Medan Johor, Jumat (15/7).

Kegiatan pengabdian ini dilakukan oleh Tim Dosen Fakultas Keperawatan yang diketuai oleh Dr. Siti Saidah Nasution, S. Kp.,M.Kep. Sp.Mat. Bersama tim mahasiswa dan dibantu oleh kader kesehatan dan aparat desa terutama Ketua Perwiritan di Musala Mozasa Neneng Sutarjo dan ibu-ibu anggota perwiritan lainnya di wilayah Komplek Rispa 4, Kecamatan Medan Johor.

Dr. Siti Saidah menjelaskan, program pengabdian masyarakat ini penting dilaksanakan dalam meningkatkan kesehatan masyarakat khususnya kesehatan ibu-ibu usia lanjut yang sedang menjalani tahap menopause.

“Perawatan dengan edukasi kesehatan sangat penting dilakukan terutama pada masa Covid-19, di mana ibu dengan menopause merupakan salah satu comorbid dalam penyebaran virus. Masyarakat dengan usia lanjut merupakan salah satu kelompok yang beresiko tinggi untuk tertular virus covid atau yang disebut sebagai komorbid terutama ibu yang mengalami menopause,” katanya.

Ia menjelaskan, hal ini berkaitan dengan kemampuan dan kekuatan imun tubuh dalam menghadapi serangan virus. Ibu-ibu yang mengalami proses menopause akan memengaruhi seluruh sistem tubuh termasuk sistem hormonal yang semakin berkurang yang akan mempengaruhi daya tahan tubuh ibu dalam menghadapi serangan penyakit.

“Kelompok perwiritan dan kepala lingkungan masyarakat di wilayah Medan Johor merupakan mitra yang penting dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini, karena secara umum ibu-ibu dalam kelompok ini mengalami masalah secara fisik dan psikologis sebagai dampak dari proses menopause,” tegasnya.

Dalam pengabdian, imbuhnya, pihaknya menggandeng mitra yang berfungsi sebagai tempat untuk menjaring dan mendata masyarakat khususnya ibu-ibu usia lanjut dan yang memasuki tahapan menopause. Ketua perwiritan bersama kepala lingkungan membantu menyiapkan tempat dan acara.

“Adapun Intervensi yang dilakukan adalah memberikan edukasi tentang perawatan dan penigkatan sistim immune tubuh ibu menopause pada masa post pandemic Covid-19. Mengajarkan beberapa cara latihan fisik dan psikologis pada masa menopause seperti kegel exercise, senam lansia dan perawatan lainnya,” katanya.

Kegiatan ini sendiri dilaksanakan setiap hari Jumat yang diikuti sekitar 50 orang ibu-ibu dan warga masyarakat lainnya. Saat mengikuti kegiatan nampak warga sangat semangat dan antusias dalam menerima materi dan melaksanakan program lainnya.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi