Membuat Toko Bangunan di Marketplace

Membuat Toko Bangunan di Marketplace
Foto ilustrasi Toko Bangunan (Analisadaily/istimewa)

Analisadaily.com - Tips mudah membuat toko bangunan di marketplace agar bisnis semakin lancar dan penghasilan dapat meningkat. Daftarkan bisnis bahan bangunan Anda di marketplace khusus menjual bahan kontruksi seperti di Ukur.com

Memiliki usaha toko bangunan tidak harus selalu menyediakan banyak bahan konstruksi secara lengkap. Karena untuk membuat toko dengan persediaan lengkap, selain memerlukan tempat luas juga membutuhkan suplai dana yang tidak sedikit.

Sayangnya, permintaan kebanyakan orang adalah bisa membeli peralatan dan bahan konstruksi sekaligus di satu toko. Dalam hal ini, Anda sebagai pemilik toko bangunan tentu merasa khawatir kalau bisnis yang dirintis tidak bisa bertahan. Masalah tersebut tentu mempengaruhi omset penghasilan Anda.

Namun, dengan hadirnya marketplace khusus berfokus sebagai penampung seluruh toko bangunan di Indonesia ini membantu memberikan harapan pemilik usaha dalam memajukan bisnisnya. Persiapan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat toko di marketplace? Berikut penjelasannya.

Cara Membuat Toko di Marketplace

Mengikuti perkembangan teknologi memang penting untuk dilakukan agar Anda bisa mengoptimalkan hal tersebut untuk memajukan bisnis. Salah satu langkah agar bisnis lebih berkembang dan omset bisa meningkat yaitu dengan mendaftarkan toko bangunan, ataupun toko yang Anda miliki lainnya di marketplace. Berikut caranya yang bisa Anda ikuti.

Menyiapkan Dokumen Persyaratan

Tentu saja saat ingin membuka toko di sebuah marketplace, maka Anda perlu menyiapkan dan melengkapi data yang dibutuhkan. Umumnya data yang dibutuhkan untuk mendaftar adalah foto KTP, email aktif, nomor telepon dan nomor rekening.

Nomor rekening Bank sendiri ini disesuaikan dengan kebijakan masing-masing marketplace. Pastikan data-data tersebut lengkap baru Anda lakukan pembuatan akun untuk membuka toko di marketplace.

Membuat Akun dan Toko di Marketplace

Selanjutnya setelah dirasa lengkap dokumen yang dibutuhkan, maka Anda harus mengunjungi laman marketplace. Silahkan klik daftar akun agar bisa mengakses menu didalamnya. Pastikan email yang Anda gunakan dalam keadaan aktif, karena melalui email tersebut nantinya akan dikirim tautan verifikasi.

Setelah berhasil masuk ke menu marketplace yang Anda tuju, selanjutnya tinggal mencari menu utama yang bertuliskan buat toko. Dalam hal ini setiap marketplace bisa saja sedikit terdapat perbedaan dama menu membuat toko.

Setelah berhasil menemukan menu untuk membuat toko, Anda harus memberi nama toko bangunan yang dibuat di marketplace. Buat nama tokonya sesuai dengan toko offline Anda, atau juga bisa menggantinya dengan nama toko yang mudah diingat.

Lengkapi juga toko Anda dengan logo ataupun gambar yang merepresentasikan bahwa serius dalam berjualan. Anda dapat membuat logo toko yang sederhana, tetapi memberi kesan bagi pengunjung marketplace yang melihatnya.

Tidak kalah pentingnya, hal yang harus Anda cantumkan dalam toko baru di marketplace adalah lokasi. Karena penjualannya bersifat online, maka alamat keberadaan toko ini menjadi hal penting yang harus ada dalam deskripsi.

Agar lebih menarik dan berkesan, Anda juga bisa menambahkan deskripsi toko secara singkat. Sehingga saat pengunjung membuka laman toko Anda, tanpa melihat bagian produk bisa mengetahui informasi tentang produk apa saja yang ditawarkan.

Menyiapkan Foto Produk

Foto produk yang bagus juga menjadi kunci dalam menarik pengunjung di marketplace. Saat selesai membuat toko bangunan di marketplace, maka Anda akan diarahkan ke bagian katalog produk. Dimana, Anda harus mengunggah foto produk jualan Anda.

Karena ini adalah marketplace yang mengumpulkan banyak penjual di seluruh Indonesia, tentu produk yang dijual bisa saja sama. Namun, meski begitu Anda tidak boleh mengupload foto yang sama. Karena ini termasuk plagiasi dan bisa membuat pembeli kurang percaya.

Karena sistem dalam belanja online ini calon pembelinya tidak dapat melihat secara real barang yang akan dibeli, selain melalui foto dan membaca deskripsi penjelasannya. Pastikan toko bangunan Anda di marketplace mencantumkan hasil jepretan produk sendiri yang real.

Ambilah gambar terbaik dari hasil foto produk tersebut untuk dimasukan dalam katalog marketplace. Pastikan resolusinya sesuai dengan ketentuan upload di marketplace agar proses upload bisa lancar dan diterima sistem.

Membuat Deskripsi Menarik

Dalam berjualan di marketplace tentu prosesnya berbeda dengan berjualan secara offline. Apabila Anda berjualan secara offline maka tidak perlu menjelaskan deskripsi produk saat ada yang berkunjung ke toko bangunan.

Namun, saat Anda berjualan di marketplace yang sistemnya online maka penting sekali untuk menambahkan deskripsi produk. Karena melalui deskripsi tersebut lah pembeli online dapat mengetahui informasi dari produk yang Anda tawarkan.

Tidak perlu terlalu panjang lebar dalam membuat deskripsinya. Anda cukup menuliskan informasi terkait ukuran produk, berat produk, dimensi produk, kualitas produk, cara penyimpanan, dan informasi penting lain dari produk yang akan ditawarkan.

Pastikan deskripsi yang Anda tuliskan sifatnya informatif dan berbeda dengan lainnya. Setelah selesai maka Anda tinggal menunggu orderan masuk dan segera memprosesnya apabila sudah ada yang memesan. Setelah orderan yang masuk Anda kirimkan, maka untuk bisa mencairkan pembayaran harus menunggu produk tersebut sampai ke tangan pembelinya.

Tips Berjualan di Marketplace

Sebagai pemula yang baru membuka toko di marketplace, untuk membuat toko Anda dikenal maka perlu melakukan strategi. Hal pertama adalah pastikan Anda menggunakan foto real saat mengupload ke katalog produk di marketplace.

Agar foto produk Anda tidak mudah dicomot, bisa menambahkan watermark berupa nama toko ataupun logo toko. Dengan hal ini Anda sudah satu langkah lebih unggul dalam menjaga kepercayaan konsumen. Ikuti program promo yang ditawarkan oleh marketplace.

Karena masih baru, tentu Anda belum memiliki pelanggan tetap. Bahkan bisa saja toko Anda belum dikenal. Untuk menarik pengunjung marketplace, Anda bisa memberikan promo menarik untuk menarik pembeli agar setidaknya mampir di laman toko.

Promo yang dapat Anda tawarkan bisa mengikuti program dari marketplace masing-masing. Jika Anda ingin menawarkan promo secara mandiri pun juga boleh. Promo yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberi diskon atau harga menarik dalam periode tertentu.

Karena ini sistemnya online, maka pembeli yang membeli produk akan dibebankan biaya ongkos kirim sesuai jarak dan berat produk. Dalam hal ini Anda bisa memberikan voucher potongan ongkos kirim, sehingga pembeli tertarik melakukan order di toko bangunan Anda di marketplace.

Marketplace Konstruksi dan Bahan Bangunan

Saat ini tidak perlu bingung mencari marketplace yang cocok sebagai tempat mendaftarkan toko bangunan Anda agar lebih berkembang. Saat ini telah hadir marketplace Ukur.com yang berfokus dalam penyedia bahan bangunan dan konstruksi terpercaya di Indonesia.

Meskipun baru, marketplace ini siap mewadahi setiap pemilik toko bangunan yang ingin sama-sama berkembang dan meraih penghasilan lebih dengan menjual produknya secara online. Karena fokusnya sama tentu marketplace Ukur.com ini bisa menaikan omset Anda. Proses pendaftaran pembuatan toko di Ukur mudah dan juga mirip dengan marketplace lainnya. Jika Anda berminat untuk bergabung klik link tautan ini https://ukur.com dan lakukan pendaftaran dengan email aktif.

(Adv)

Baca Juga

Rekomendasi