Serunya Karnaval dan Lomba Semarakkan Hari Kemerdekaan di UPT SDN 02 Tanjung Seri

Serunya Karnaval dan Lomba Semarakkan Hari Kemerdekaan di UPT SDN 02 Tanjung Seri
Karnaval dan Lomba Semarakkan Hari Kemerdekaan di UPT SDN 02 Tanjung Seri (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Rangkaian kegiatan yang dilakukan untuk menyambut dan menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), UPT SD Negeri 02 Tanjung Seri mengadakan berbagai berbagai kegiatan yang dapat membangkitkan cinta Tanah Air untuk menghargai segala bentuk perjuangan para pahlawan.

Berbagai perbedaan seperti semboyan Bhineka Tunggal Ika yang artinya berbeda-beda tapi tetap satu juga, terlihat dari kegiatan yang diadakan oleh UPT SDN 02 Tanjung Seri. Kegiatan yang dilakukan untuk menyemarakkan kemerdekaan adalah dengan karnaval dan melakukan berbagai lomba.

Pada karnaval, beragam pakaian digunakan mulai dari pakaian merah putih, pakaian olahraga, berbagai pakaian adat budaya nusantara, dan berbagai profesi dengan membawa bendera Merah Putih menjadi tampilan utama yang diusung oleh masing-masing peserta didik.

Kemeriahan kegiatan tidak sampai di situ saja, kreativitas peserta didik juga ditampilkan dengan sepeda hiasnya bertemakan kemerdekaan Republik Indonesia. Antusiasme peserta didik maupun wali murid begitu tinggi, terlihat dari totalitas mereka dalam acara.

“Kegiatan untuk menyemarakkan kemerdekaan Republik Indonesia yang dilakukan dengan karnaval serta lomba sangat bagus, karena dapat meningkatkan kepercayaan diri serta semakin menanamkan perasaan bangga untuk menjadi bangsa Indonesia,” kata Surya Ningsih, selaku orang tua siswa, Kamis (18/8).

Karnaval dan Lomba Semarakkan Hari Kemerdekaan di UPT SDN 02 Tanjung Seri (Analisadaily.com/Istimewa)
Kepala UPT SD Negeri 02 Tanjung Seri, Eka Sahara mengatakan, karnaval dan berbagai lomba yang diadakan sebagai salah satu cara menanamkan rasa cinta Tanah Air dalam rangka kegiatan memeriahkan HUT ke-77 RI.

“Sekolah terus berupaya meningkatkan berbagai kegiatan yang positif dan membangun pendidikan ke arah yang merdeka. Kegiatan memeriahkan hari kemerdekaan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan. Kegiatan tersebut sejalan dengan program pelatihan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) melalui Program Pintar Tanoto Foundation, di mana mengerti dan melaksanakan tugas pokok dan fungsi masing-masing komponen warga sekolah, peran serta masyarakat, kreativitas menghimpun berbagai sumber daya dan dana, serta transparasi dan akuntabilitas publik,” terang Eka.

Kegiatan karnaval dimulai dengan berjalan kurang lebih 1 Kilometer (Km) dari start hingga finish di UPT SDN 02 Tanjung Seri. Sorak meriah dan yel-yel iringi arak-arakan para peserta didik di jalanan. Setelah karnaval selesai, digelar berbagai bentuk lomba. Kegiatan lomba dilaksanakan selama 2 hari, dengan berbagai jenis kegiatan.

Untuk siswa kelas 1 lomba makan kerupuk, kelas 2 lomba balap karung, kelas 3 lomba membawa kelereng, kelas 4 lomba berlari balon, kelas 5 lomba berkelompok estafet tepung, dan kelas 6 lomba berlari dengan menggunakan sarung secara berkelompok.

“Karnaval dilakukan sebagai upaya meningkatkan dan menumbuhkan rasa persatuan, kesatuan dan keakraban peserta didik dengan lingkungan sekitar beserta para pendidik. Selain itu, kegiatan ini untuk mengenang jasa para pahlawan. Untuk kegiatan lomba sebagai ajang untuk meningkatkan jiwa sportivitas dalam meraih prestasi dan adanya kerja sama,” kata Pratiwi Eka Ramadhayani, guru UPT SDN 02 Tanjung Seri, yang juga guru dampak Program Pintar Tanoto Foundation.

Karnaval dan Lomba Semarakkan Hari Kemerdekaan di UPT SDN 02 Tanjung Seri (Analisadaily.com/Istimewa)
Berbagai kegiatan tersebut sebagai upaya untuk mempererat hubungan dengan warga sekolah, baik sesama peserta didik maupun dengan para guru dan kepala sekolah. Rangkaian kegiatan menyambut HUT RI dapat menjadi ajang berkumpulnya warga sekolah.

“Kegiatan kemerdekaan adalah kesempatan baik bagi seluruh warga sekolah untuk mempererat hubungan,” ujar Desi Ariani Harahap, guru UPT SDN 02 Tanjung Seri lainnya.

Dampak positif selanjutnya adalah menumbuhkan sikap gotong royong sebagai salah satu profil pelaja pancasila sesuai dengan kurikulum merdeka. Kegiatan karnaval dan lomba tentu akan menumbuhkan sikap gotong royong karena semuanya dikerjakan secara bersama-sama. Dengan adanya berbagai lomba seperti sepeda hias akan meningkatkan kemampuan kreativitas peserta didik.

“Saya menghias sepeda dengan berbagai hiasan sesuai tema hari kemerdekaan dibantu dengan orang tua,” ujar Nia, peserta didik kelas 2.

Satu yang ditunggu-tunggu dari rangkaian acara adalah perlombaan. Berbagai macam lomba seperti lomba makan kerupuk, balap karung, membawa kelereng, lomba berlari balon dengan teman, lomba estafet tepung, serta lomba lari dengan sarung dapat melatih kemampuan motorik anak.

Karnaval dan Lomba Semarakkan Hari Kemerdekaan di UPT SDN 02 Tanjung Seri (Analisadaily.com/Istimewa)
“Saya sangat senang dapat berlatih dan mengatur strategi agar dapat menang dalam lomba lari sarung dengan teman,” ujar Hafiz, peserta didik kelas 5.

Rangkaian kegiatan peringatan HUT RI sebagai momen untuk menumbuhkan nasionalisme pada anak, memperkuat bonding seluruh warga sekolah, sebagai sarana olahraga dan tentunya tidak ketinggalan akan mendapatkan hadiah.

“Kegiatan yang dilakukan sekolah sangat bagus, saya merasa bangga ketika melihat karnaval dan berbagai lomba yang diadakan,” sebut Jumiati, selaku orang tua siswa.

Berbagai kegiatan dapat menyegarkan pikiran sejenak dari rutinitas sehari-hari yang padat. Semua warga sekolah bersama melakukan kegiatan dengan gembira baik tim maupun kelompok. Melalui acara karnaval dan lomba yang dilakukan diharapkan dapat mewujudkan tema kemerdekaan Indonesia ke-77 yaitu “Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menanamkan jiwa nasionalisme, patriotisme dan cinta tanah air kepada seluruh peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan serta agar peserta didik mengetahui perjuangan para pahlawan untuk merebut kemerdekaan dan siap untuk melanjutkan estafet perjuangan untuk Indonesia yang lebih baik dan semakin maju.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi