Sosialisasi Pentingnya Susunan Gigi Rapi Serta Peran Bakteri Baik di Rongga Mulut

Sosialisasi Pentingnya Susunan Gigi Rapi Serta Peran Bakteri Baik di Rongga Mulut
Tim Pengabdian pada Masyarakat Fakultas Kedokteran Gigi USU melakukan sosialisasi pentingnya susunan gigi yang rapi serta peran bakteri baik di rongga mulut pada masyarakat (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Sumatera Utara (LPM USU) dan Departemen Ortodonsia Fakultas Kedokteran Gigi USU melaksanakan pengabdian kepada masyarakat pada Kamis (18/8) di Panti Asuhan Bumi Nusantara, Jalan Perjuangan, Medan Sunggal.

Tim yang diketuai Teguh Aryo Nugroho, drg., Sp.Ort., MDSc dengan anggota Muslim Yusuf, drg., Sp.Ort (K) dan Siti Bahirrah, drg., Sp.Ort (K) serta mahasiswa Program Studi Ortodonsia dan Progam Studi Dokter Gigi Fakultas Kedokteran Gigi USU turut memberikan sosialisasi pentingnya memiliki susunan gigi yang rapi pada anak-anak panti asuhan.

“Susunan gigi yang rapi akan lebih mudah untuk dibersihkan dan mengurangi risiko terjadinya gigi berlubang maupun radang gusi,” kata Teguh, Minggu (21/8).

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut masyarakat, dan anak-anak yatim di Panti Asuhan Bumi Nusantara Medan,” sambungnya.

Kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan pengetahuan dan motivasi, serta melakukan edukasi terhadap seluruh anak-anak Panti Asuhan Bumi Nusantara Medan dan masyarakat sekitar tentang pentingnya memiliki susunan gigi yang rapi, cara pencegahan gigi tidak rapi, dan cara perawatan gigi yang tidak rapi dengan benar.

Kegiatan sosialisasi yang diikuti oleh sekitar 70 orang anak yatim dan masyakat sekitar ini dimulai dengan kata sambutan dari Departemen Ortodonsia Fakultas Kedokteran Gigi USU, yakni Siti Bahirrah, drg., Sp.Ort (K) dan sambutan dari Kepala Panti Asuhan Bumi Nusantara Medan, Zainuddin.

Setelah itu, tim pengabdian melanjutkan acara dengan melaksanakan penyuluhan dan edukasi. Penyuluhan dan edukasi dilaksanakan dengan penyampaian materi ceramah oleh narasumber, yaitu Teguh Aryo Nugroho, drg., Sp.Ort MDSc.

Acara berlanjut ke pelaksanaan demonstrasi dan instruksi penyikatan gigi. Tim pelaksana juga membagikan sikat gigi, pasta gigi, dental floss, obat kumur dan air mineral kepada seluruh peserta pada saat praktik menyikat gigi.

Pada akhir kegiatan, tim pengabdian membagikan permen Lactobacillus reuteri kepada seluruh peserta sosialisasi. Penggunaan permen Lactobacillus reuteri bermanfaat dalam menjaga keseimbangan bakteri baik di rongga mulut, sehingga kesehatan rongga mulut dapat lebih terjaga.

Sebelum acara ditutup, tim pengabdian melakukan dokumentasi kondisi gigi peserta menggunakan alat penyangga rongga mulut dan kamera oleh Mahasiswa Program Studi Ortodonsia Fakultas Kedokteran Gigi USU.

Acara sosialisasi ditutup secara resmi oleh Departemen Ortodonsia Fakultas Kedokteran Gigi USU dan diakhiri dengan foto serta makan siang bersama.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi