Fakultas Kedokteran USU Berencana Buka Prodi Dokter Spesialis Ilmu Gizi Klinik

Fakultas Kedokteran USU Berencana Buka Prodi Dokter Spesialis Ilmu Gizi Klinik
Tim Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (FK USU) melakukan study banding (benchmark) ke Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI), Jakarta (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Tim Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (FK USU) melakukan study banding (benchmark) ke Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI), Jakarta, dalam rangka rencana pembukaan Program Pendidikan (Prodi) Dokter Spesialis Ilmu Gizi Klinik baru-baru ini.

Kunjungan itu langsung diterima oleh Departemen Ilmu Gizi dan Program Studi Ilmu Gizi Klinik Universitas Indonesia. Dalam kunjungan ini, rombongan FK USU terdiri dari dr Delyuzar MKed PA SpPA(K) selaku Wakil Dekan 1 FK USU bersama dengan Guru Besar FK USU yaitu Prof Dr dr Dina Keumala Sari M Gizi SpGK(K) yang juga Ketua Departemen Ilmu Gizi, dan Sekretaris Departemen Ilmu Gizi yakni dr Fitriyani Nasution M Gizi SpGK (K).

Tim FK USU disambut oleh Ketua Departemen Ilmu Gizi FK UI yaitu dr Nurul Ratna Mutumanikam MGizi SpGK(K), Ketua Prodi Dr dr Diana Sunardi MGizi SpGK(K), Sekretaris Prodi dr Yohannessa Wulandari MGizi SpGK(K) serta staf Departemen dr Sri Sukmaniah MSc SpGK(K), Dr dr Johana Titus MS SpGK(K), dr Diyah Eka Andayani MGizi SpGK(K), dan dr Krisadelfa Sutanto MGizi SpGK(K).

Pada pertemuan tersebut, Tim FK USU menyampaikan uraian tentang rencana pendirian Prodi Ilmu Gizi Klinik. "Kegiatan studi banding ini merupakan rangkaian kegiatan yang dijalankan oleh FK USU guna membuka program studi yang nantinya menjadi wahana studi bagi dokter umum yang ingin mendalami Ilmu Spesialis Gizi Klinik," kata Guru Besar FK USU Prof Dr dr Dina Keumala Sari M Gizi SpGK(K), Senin (29/8).

Menurut Dina, tujuan kedatangan Tim FK USU, selain untuk studi banding juga menjalin silaturahmi dengan rekan FK UI yang dapat menunjang proses akreditasi Prodi Spesialis Gizi Klinik kedepannya.

Dalam pertemuan juga dibahas mengenai visi dan misi yang dijalankan, kurikulum, fasilitas yang ada di FK UI, dengan keunggulan nutrisi pada kelainan kelainan metabolik. Sementara untuk rencana pendirian Program Studi Ilmu Gizi Klinik FK USU akan mengajukan keunggulan penyakit tropic-infeksi dan keganasan (onkologi) preventif.

Diharapkan hasil dari pertemuan ini dapat memperlancar pembukaan Program Studi Ilmu Gizi Klinik, sehingga dapat membantu memenuhi ketersediaan dokter spesialis gizi klinik di tiap rumah sakit.

Ketua Departemen Ilmu Gizi FK UI Nurul Ratna Mutumanikam menyebutkan, Prodi Spesialis Ilmu Gizi Klinik FK UI memiliki akreditasi A dengan nilai terbaik yaitu Unggul.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi