Kim Jong Un Sarankan Agar Memulai Vaksinasi Covid-19

Kim Jong Un Sarankan Agar Memulai Vaksinasi Covid-19
Orang-orang yang memakai masker pelindung bepergian di tengah kekhawatiran atas Covid-19 di Pyongyang, Korea Utara pada 30 Maret 2020. (Kyodo via Reuters)

Analisadaily.com, Seoul - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un telah menyarankan agar memulai vaksinasi Covid-19 pada November. Dalam pidato pada hari Kamis (8/9) di majelis nasional Korea Utara, Kim mengutip peringatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) musim dingin dapat melihat kebangkitan infeksi virus Corona.

“Oleh karena itu, bersama dengan vaksinasi yang bertanggung jawab, kami harus merekomendasikan agar semua warga memakai masker untuk melindungi kesehatan mereka mulai November,” katanya tanpa menjelaskan lebih lanjut dilansir dari Reuters dan Channel News Asia, Sabtu (10/9).

Korea Utara belum mengkonfirmasi pemberian vaksinasi Covid-19, meskipun catatan bea cukai menunjukkan bahwa mereka telah mengimpor beberapa vaksin yang tidak ditentukan dari China tahun ini.

Bulan lalu Kim menyatakan kemenangan atas Covid-19 dan memerintahkan pencabutan tindakan anti-epidemi maksimum yang diberlakukan pada Mei, meskipun menambahkan bahwa Korea Utara harus mempertahankan penghalang anti-epidemi yang kuat.

Korea Utara tidak pernah mengkonfirmasi berapa banyak orang yang tertular Covid-19, tampaknya karena tidak memiliki sarana untuk melakukan pengujian secara luas.

Sebaliknya, telah melaporkan jumlah harian pasien dengan demam, penghitungan yang meningkat menjadi sekitar 4,77 juta, dari perkiraan populasi sekitar 25 juta. Tetapi tidak ada kasus baru yang terdaftar sejak 29 Juli, dan mengatakan jumlah kematiannya mencapai 74.

Para ahli, termasuk WHO, meragukan angka-angka itu, dengan alasan kurangnya kapasitas pengujian di Korea Utara.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi