310 Pejabat Administrator Ikuti Asesmen

310 Pejabat Administrator Ikuti Asesmen
310 Pejabat Administrator Ikuti Asesmen (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Tanjungbalai - Sebanyak 310 Aparatur Sipil Negara (ASN) selaku pejabat dan calon pejabat Administrator di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungbalai mengikuti proses assessment, di Aula Sutrisno Hadi, Kantor Wali Kota, Jumat (30/9).

Asesmen tersebut merupakan yang pertama kali dilakukan Pemko Tanjungbalai dalam pelaksanaan seleksi kompetensi bagi para pejabat dan calon pejabat administrator, dan dilaksanakan selama dua hari dengan rincian di hari pertama diikuti 110 peserta dan di hari kedua diikuti 200 peserta.

Di hari pertama pelaksanaan asesmen tersebut dibuka Wali Kota Tanjungbalai, Waris Thalib, secara virtual di sela-sela kesibukannya di luar kota dalam rangka kepenting dinas.

Dalam sambutannya, Waris menyebut, asesmen kompetensi memiliki manfaat yang besar bagi fungsi aparatur negara, yaitu sebagai roda penggerak pemerintahan, di antaranya memperoleh kriteria yang jelas untuk suatu jabatan tertentu.

Waris mengungkapkan penyelenggaraan asesmen tersebut merupakan komitmen demi melakukan perubahan yang lebih baik bagi Pemerintah Kota Tanjungbalai ke depan.

“Saya berharap peserta dapat mengikuti seleksi kompetensi sebaik mungkin, karena hasilnya akan menjadi bahan pertimbangan pengembangan karier dan mutasi serta promosi pegawai negeri sipil di lingkungan Pemko Tanjungbalai,” terangnya.

Waris menegaskan, pelaksanaan asesmen akan berjalan dengan mekanisme penilaian yang objektif dan transparan, dengan tetap mengedepankan integritas.

“Penilaian ini akan memperoleh hasil yang menggambarkan kelayakan pejabat administrator pada posisi yang ditempatinya,” ujarnya.

Menurut Waris, terwujudnya suatu pemerintahan yang baik, amanah efektif keberhasilan pembangunan di berbagai bidang harus dimiliki oleh seorang untuk melakukan tugas atau pekerjaan yang didasari atas pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja.

“Alhamdulillah memang peserta begitu antusias dengan pelaksanaan asesmen ini. Karena ramainya yang ikut melebihi kapasitas jabatan yang tersedia. Dari 300-an lebih peserta, hanya separuh yang bisa duduk dalam jabatan,” lanjutnya.

Waris mengungkapkan, bagi yang belum bisa menduduki jabatan, nanti akan otomatis punya legalitas selama 2 tahun. Artinya jika ada pejabat yang bermasalah selama 2 tahun ini, maka otomatis akan duduk ke jabatan yang dituju tanpa asesmen lagi.

Seleksi kompetensi calon pejabat administrator di Lingkungan Pemko Tanjungbalai dihadiri Janry Haposan UP Simanungkalit selaku Kepala Kantor Regional VI BKN Medan beserta seluruh tim asesor.

(RM/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi