YAFSI Peringati Hari Batik Nasional Lewat Fesyen Show Bertema Kebudayaan

YAFSI Peringati Hari Batik Nasional Lewat Fesyen Show Bertema Kebudayaan
Peringati Hari Batik Nasional ala YAFSI lewat fesyen show bertema kebudayaan, Minggu (2/10) (Analisadaily/Jafar Wijaya)

Analisadaily.com, Medan - Setiap tahunnya, Hari Batik Nasional diperingati pada 2 Oktober. Sebagai wujud kepedulian terhadap warisan budaya, Yayasan Fajar Sejahtera Indonesia (YAFSI) memperingati Hari Batik Nasional di Taman Wisata Danau Siombak, Marelan, melalui penampilan budaya fesyen show etnik batik dan outbond bersama puluhan anak Rumah Pintar, Minggu (2/10).

"Bagi kami, peringatan hari batik ini sebagai bentuk peningkatan kesadaran terhadap masyarakat Indonesia dalam melindungi dan mengembangkan batik Indonesia. Kami juga berharap anak-anak memiliki kesadaran untuk melindungi warisan budaya kita," kata Ketua YAFSI, Badriyah.

Badriyah juga menambahkan, tantangan saat ini adalah menumbuhkan rasa memiliki terhadap warisan budaya untuk anak-anak.

"Masa depan warisan budaya untuk dilindungi dan dikembangkan itu menjadi tanggung jawab bersama. Selain memperkenalkan, kita juga mengajak mereka mencintai batik dengan berkreasi melalui penampilan fesyen show," tambahnya.

Seorang peserta dari Rupin YAFSI, Aqilla Khairunnisa mengatakan, bersemangat mengikuti kegiatan ini.

"Saya baru pertama ikut peringatan hari batik ini, jadi saya semangat mengikuti ini, jadi saya juga dibantu ibu di rumah untuk mengkreasikan kain batik ini," ucap Aqilla di sela-sela kegiatan.

Pemerintah Indonesia menjadikan batik sebagai salah satu warisan budaya yang diakui secara internasional oleh UNESCO, maka dari itu pada 2 Oktober 2009, setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Batik Nasional di Indonesia.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi