Polda Sumut Terapkan Trauma Healing Bagi Warga Terdampak Gempa Taput

Polda Sumut Terapkan Trauma Healing Bagi Warga Terdampak Gempa Taput
Polda Sumut Terapkan Trauma Healing Bagi Warga Terdampak Gempa Taput (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Tapanuli Utara - Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) dan Kepolisian Resort Tapanuli Utara (Polres Taput) menerapkan program trauma healing (pemulihan rasa trauma) kepada warga korban bencana gempa bumi yang terjadi beberapa hari lalu.

Kepala Kepolisian Resor Tapanuli Utara (Kapolres Taput), AKBP Johanson Sianturi mengatakan, program trauma healing ini dilaksanakan di Desa Huta Tinggi, Kecamatan Parmonangan.

"Ada sebanyak 70 orang warga yang menerima trauma healing, mulai menengah dan tingkat tinggi, terdiri atas 30 orang dewasa dan 40 orang anak-anak," ujarnya kepada wartawan, Rabu (5/10).

Dia mengatakan, dalam program trauma healing ini petugas juga memberikan pertolongan pertama kepada warga yang mengalami trauma. Menguatkan kondisi psikologis warga yang terdampak bencana alam (gempa) agar kuat menghadapi musibah ini.

"Serta mengajak anak-anak bermain sekaligus melaksanakan trauma healing sehingga anak-anak dapat kembali ceria," katanya.

Dia mengatakan, pada program trauma healing ini tim kesehatan juga melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap masyarakat yang mempunyai keluhan kesehatan akibat gempa bumi yang terjadi.

"Tim lesehatan memberikan pemeriksaan kesehatan terhadap masyarakat yang mempunyai keluhan kesehatan akibat gempa," katanya.

Diharapkan dengan dilaksanakannya program trauma healing ini dapat memulihkan rasa trauma masyarakat, sehingga bisa kembali normal.

(CAN/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi