Ini Dia Asuransi Kesehatan, Jenis-jenis, dan Faktor Penentu Besaran Preminya

Ini Dia Asuransi Kesehatan, Jenis-jenis, dan Faktor Penentu Besaran Preminya
Foto ilustrasi (Analisadaily/istimewa)

Analisadaily.com, Jakarta - Memiliki proteksi asuransi kesehatan dapat memberikan jaminan finansial ketika sedang sakit. Itulah pentingnya meningkatkan perlindungan terhadap kesehatan bagi diri sendiri, juga asuransi kesehatan untuk semua anggota keluarga.

Pasalnya, asuransi kesehatan memberikan jaminan kepada tertanggung untuk mengganti setiap biaya pengobatan yang meliputi biaya perawatan di rumah sakit, biaya pembedahan dan biaya obat-obatan.

Memiliki proteksi kesehatan dapat mengganti pengeluaran medis akibat sakit atau terluka, serta membayar biaya perawatan medis secara langsung seperti tertera dalam polis asuransi. Biasanya di dalam polis asuransi kesehatan terdapat berbagai informasi mengenai risiko penyakit yang ditanggung, besaran uang pertanggungan, manfaat asuransi kesehatan, hak dan kewajiban perusahaan asuransi, pengecualian proteksi, sampai surat klaim.

Jika masih bingung membeli asuransi satu ini di mana, maka asuransi online terbaik terlengkap menjadi solusinya. Anda tak perlu lagi membuang waktu, uang, dan energi, karena asuransi online akan langsung membantu mencarikan produk yang sesuai kebutuhan dan kemampuan.

Apa Itu Asuransi Kesehatan?

Asuransi kesehatan adalah asuransi yang memberikan manfaat atau jaminan berupa pergantian biaya pengobatan dan atau perawatan selama berada di rumah sakit.

Intinya, asuransi ini akan mengganti sebagian atau seluruh biaya yang sudah Anda keluarkan untuk berobat di rumah sakit.

Biasanya perusahaan asuransi akan bekerjasama dengan berbagai rumah sakit supaya proses klaim asuransi bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Berikut ini adalah beberapa manfaat pertanggungan pada asuransi kesehatan, yaitu:

  • Menanggung biaya rawat inap dan rawat jalan di rumah sakit.
  • Menanggung biaya pembedahan dan persalinan.
  • Menanggung biaya perawatan gigi dan periksa mata.
  • Dan lainnya sesuai yang tertera dalam polis asuransi.
Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan

Setelah mengetahui lebih jelas apa itu asuransi kesehatan, berikut ini adalah jenis-jenisnya yang penting dipahami:

1. Asuransi Kesehatan Rawat Jalan

Asuransi kesehatan yang membiayai perawatan pasien, berupa pelayanan medis seperti pengamatan, diagnose, pengobatan, rehabilitasi, dan pelayanan kesehatan lain yang tidak mengharuskan pasien tinggal di rumah sakit

2. Asuransi Kesehatan Rawat Inap

Asuransi kesehatan yang membiayai perawatan dan mengharuskan pasien untuk tinggal (opname) di rumah sakit

3. Asuransi Kesehatan Wajib

Asuransi kesehatan yang dilakukan secara wajib dan mengikuti aturan tertentu, seperti seorang karyawan yang harus membeli polis asuransi sesuai peraturan perusahaan tempat dia bekerja

4. Asuransi Kesehatan Sukarela

Asuransi kesehatan yang dilakukan secara bebas. Artinya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan dari individu tersebut tanpa terikat sesuatu aturan perusahaan.

5. Asuransi Kesehatan Murni

Asuransi kesehatan yang hanya memberi perlindungan kesehatan saja, bukan investasi. Premi yang dibayarkan akan disimpan dan digunakan saat pemegang polis mengajukan klaim

6. Asuransi Kesehatan Unit Link

Asuransi kesehatan yang mempunyai dua manfaat sekaligus, yakni proteksi kesehatan dan investasi.

7. Asuransi Kesehatan Cashless

Asuransi kesehatan memudahkan nasabah dalam membayar tagihan rumah sakit. Nasabah tidak perlu menalangi biaya berobat dari uang pribadi terlebih dahulu. Biaya akan ditanggung perusahaan asuransi.

8. Asuransi Kesehatan Reimbursement

Asuransi kesehatan, di mana nasabah membayar biaya pengobatan atau perawatan rumah sakit terlebih dahulu. Selanjutnya, baru mengajukan klaim ke perusahaan asuransi.

9. Asuransi Kesehatan Tanggungan Total

Asuransi kesehatan, di mana seluruh biaya perawatan nasabah akan ditanggung perusahaan asuransi. Baik rawat inap maupun rawat jalan yang jumlahnya sesuai polis asuransi.

10. Asuransi Kesehatan Personal

Asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan kepada satu pribadi saja sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku dalam polis asuransi

11. Asuransi Kesehatan Kelompok

Asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan kepada kelompok tertentu (anggota keluarga atau anggota perusahaan) dengan syarat dan ketentuan polis.

12. Asuransi Kesehatan Tanggungan Tinggi Saja

Asuransi kesehatan, di mana perusahaan asuransi hanya akan menanggung biaya yang tergolong besar dan tidak akan mengcover biaya rawat jalan kecil, missal pemeriksaan, diagnose, dan obat.

Faktor Penentu Besaran Premi Asuransi Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa faktor penentu dari nilai premi yang dibayarkan Anda selaku nasabah asuransi kesehatan:

1. Manfaat dari asuransi kesehatan tersebut bagi pengguna. Semakin lengkap manfaat yang didapat, tentu harga premi yang dibayarkan akan semakin mahal. Apalagi, jika Anda juga memilih untuk membeli produk dengan beberapa manfaat tambahan.

2. Usia serta jenis kelamin pengguna. Khususnya untuk usia, biasanya, orangtua lebih rentan penyakit daripada yang masih muda. Maka, tidak heran jika jumlah premi asuransi yang dibayarkan untuk pengguna tua lebih mahal daripada pengguna muda.

3. Apakah Anda memiliki riwayat penyakit yang sudah dibuktikan melalui serangkaian pemeriksaan medis? Jika iya, jangan kaget jika Anda harus membayar premi asuransi dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan mereka yang sehat.

4. Jenis asuransi juga mempengaruhi harga preminya. Terdapat dua jenis asuransi kesehatan secara umum, yaitu asuransi kesehatan murni dan asuransi kesehatan unit link.

Harga asuransi unit link lebih mahal karena dilengkapi dengan beberapa manfaat tambahan termasuk manfaat investasi.

Itulah pembahasan mengenai asuransi kesehatan, jenis-jenisnya dan faktor penentu besaran preminya. Semoga bermanfaat!

(REL/JG)

Baca Juga

Rekomendasi