Gempa Bumi Tektonik M=3,4 Dirasakan di Tarutung

Gempa Bumi Tektonik M=3,4 Dirasakan di Tarutung
Peta gempa bumi di Tapanuli Utara (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Daerah Tapanuli Utara kembali diguncang gempa bumi tektonik berkekuatan M=3,4, Rabu (19/10) siang.

"Gempa bumi tadi terjadi pukul 13.27 WIB di daerah Tapanuli Utara," kata Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Hendro Nugroho.

Hendro mengatakan, hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=3,4. Episenter terletak pada koordinat 2.06 LU dan 98.98 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 5 km Timur Laut Tapanuli Utara -Sumut pada kedalaman 5 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi disebabkan oleh aktivitas Sesar Sumatera pada Segmen Renun," ucapnya.

Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan dirasakan III MMI di Sipoholon dan Tarutung (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

"Gempa ini masih termasuk dalam rangkaian gempa susulan dari gempa utama Tapanuli Utara M 5,8 tanggal 1 Oktober 2022 pukul 02.28 WIB," jelas Hendro.

Kata dia, kepada Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi