1st Indonesia Taijiquan Championships 2022 Dimulai

Atraksi Taiji Master Supandi Memukau Penonton

Atraksi Taiji Master Supandi Memukau Penonton
Pembukaan 1st Indonesia Taijiquan Championships 2022 (Analisadaily/Junaidi Gandy)

Analisadaily.com, Medan - Pendiri wushu Sumut yang juga Bapak Taiji Indonesia tampil memukau memperagakan gerakan ataupun jurus - jurus taiji pada pembukaan 1st Indonesia Taijiquan Championships 2022 Piala lMaster Supandi Kusuma di Tiara Convention, Selasa (25/10) malam WIB.

Tampil di hadapan Ang­gota DPR RI Sofyan Tan, Gub­su diwakili Kadisporasu Tuah­ta Saragih, Wa­kil Ben­da­hara PB WI Gunawan Tjok­ro, Wa­kil Ketua I KONI Sumut Prof Agung Sunarno, Anggota DPRD Sumut Rudy Hermanto, Ketua DPRD Medan Hasyim, Ketua Pengprov WI Sumut Dar­sen Song, Ketua WI Me­dan sekaligus Ketua Panpel Harianto dan seratusan unda­ngan serta insan wushu, Manster Supandi di awal aksinya menye­butkan, di usianya yang tidak lagi muda, ia tidak bisa lagi memperaga­kan aksi cepat dan apalagi gerakan melompat.

Namun, tambah penyan­dang gelar DAN VIII Wushu Interna­sional ini, semakin lam­bat gerakan-gerakan yang dilakan di wushu, sesungguh­nya semakin baik.

Selanjutnya, sebagaimana halnya seo­rang atlet, Master Supandi mulai mem­peraga­kan jurus-jurusnya.

Pria yang telah berjasa me­ngantarkan Wu­shu Indonesia ke pentas dunia, di pe­nampilan awal memperagakan penting­nya konsentrasi dengan pengaturan nafas yang baik.

Selanjutnya, Master Su­pandi mulai memperagakan gerakan-gerakan tangan mau­pun kaki dengan tenang dan lembut.

Para penonton semakin terkesan saat Master Supandi memperagakan gerakan yang melibatkan bagian pinggang.

Dari gerakan dari aturan nafas Master Supandi, walau dominan tergambar kelem­butan maupun kelenturan gerak, tetapi juga menyimpan suatu kekuatan dan energi luar biasa.

Semua undangan dan pe­nonton yang memenuhi Tiara Con­vention bertepuk tangan mem­beri aplaus. Mereka kagum, di usia Master Supandi yang tidak lagi muda, tapi masih mampu melakukan gerakan-gerakan taiji dengan baik.

Ketua Umum PB WI diwakili Wakil Bendahara Gunawan Tjokro, saat membu­ka kejuaraan menyampaikan terimakasih kepada Master Supandi Kusuma, Bapak Taiji Indonesia, atas jasa dan sumbangsihnya selama ini membawa Wushu Indonesia di pentas internasional.

PB WI bahkan berharap, Kejuaraan Taiji Piala Master Supandi Kusuma ini, bisa menjadi kelender tetap, dan digelar berke­si­nambungan karena man­faatnya sangat positif, khusus­nya menjaring talenta-talenta taiji andal.

Ketua DPR RI Sofyan Tan juga meng­apresiasi Master Supandi, yang totalitas membina wushu.

Anggota Komisi X DPR RI ini bahkan berharap melalui Kejuaraan ini kian mempopuler­kan wushu di tengah - tengah masyarakat yang kini cenderung emosional.

“Yang saya tahu, belajar dan menggeluti wushu itu membuat kita lebih sabar, tenang, tidak emosional, panjang umur dan awet muda,” kata Sofyan Tan yang mengaku sudah merasakan manfaat berlatih wushu khususnya untuk kesehatan.

Gubsu diwakili Kadispora Tuah­ta Sara­gih dan Wakil Ketua I KONI Sumut Prof Agung Sunarno juga memberi sambutan yang intinya mendukung dan menyambut baik kejuaraan ini, khususnya untuk men­dukung pencapaian prestasi Sumut di PON XXI/2024 Aceh-Sumut.

Sebelumnya Ketua Panitia Harianto me­la­porkan, Kejuaraan ini digelar sebagai apresiasi kepada Bapak Taiji Indonesia Mas­ter Supandi Kusuma atas jasa dan peng­abdiannya membina wushu.

Event ini tidak saja diikuti peserta dari berbagai provinsi di tanah air, tetapi juga diikuti timi Serawak Malaysia. Para atlet bertanding di 71 nomor dari berbagai kete­gori lomba.

Dalam kesempatan tersebut juga disemat­kan pin Chakra Dharma Bhakti dari PB WI kepada mantan pewushu putri Sumut Zainab, atas jasa dan pengabdian­nya mem­bawa harum nama Indonesia di pentas in­ternasional.

Acara pembukaan juara dimeriahkan atrak­si taiji massal, serta peragaan jurus wu­shu taolu binaan Yayasan Kusuma Wu­shu Indonesia (YKWI) pimpinan Master Supandi Kusuma.

(MP/JG)

Baca Juga

Rekomendasi