Ukraina Minta Warganya Tidak Mengunggah Rincian Orang Hilang

Ukraina Minta Warganya Tidak Mengunggah Rincian Orang Hilang
ilustrasi - Separatis pro-Rusia mengawal barisan tawanan perang Ukraina di Donetsk, Ukraina, Minggu (24/8). (ANTARA/REUTERS/Maxim Shemetov/ox/14)

Analisadaily.com, London - Pemerintah Ukraina pada Rabu (2/11) meminta warganya untuk tidak mengunggah rincian tentara dan warga sipil yang hilang, mengatakan bahwa ini bisa membantu Rusia mengenali tahanan penting dan melacak orang-orang yang hendak ditangkap.

Wakil Menteri Pertahanan, Hanna Malyar, menuturkan orang-orang beralih ke media sosial untuk mencari informasi lebih lanjut, terutama tentang tentara yang ditahan atau hilang.

"Mengapa unggahan semacam itu berbahaya? Intinya adalah orang tertentu ini bisa jadi memang ditawan, namun musuh menganggapnya sebagai warga sipil," tulisnya di Telegram dilansir dari Antara, Kamis (3/11).

"Kalau tidak, orang tersebut mungkin hanya bersembunyi sementara di wilayah pendudukan dan sedang mencari cara untuk pulang. Dengan mengungkap data serta foto orang seperti itu, Anda memberi musuh titik petunjuk pencarian," ucapnya.

Menurut Malyar, menyebarkan rincian mengenai kehidupan pribadi tahanan, pandangan politik, status sosial atau riwayat pekerjaan sangat mempersulit proses untuk mengamankan pembebasan mereka dan kerap membahayakan nyawa mereka, katanya.

"Ini mendorong musuh untuk mengawasi orang tertentu, dan sebagai imbasnya, tuntutan mereka untuk pertukaran menjadi lebih tinggi, dan prosesnya sendiri menjadi sangat rumit," katanya, sambil menambahkan bahwa Rusia sejauh ini sudah menukar 1.030 perempuan dan pria Ukraina.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi