Peringati Hari Pahlawan Siswa TK Sultan Iskandar Muda Bagi 277 Paket Camilan

Peringati Hari Pahlawan Siswa TK Sultan Iskandar Muda Bagi 277 Paket Camilan
Memaknai nilai kepahlawanan secara baru, anak-anak TK Sultan Iskandar Muda, Medan Sunggal, diajak berbagi 227 paket camilan untuk kakak kelas yang merupakan siswa Anak Asuh. Mereka juga diajak berkreasi menghias tas kertas tempat camilan. Kegiatan diadak (Istimewa)

Analisadaily,com – Medan, Ada yang cukup istimewa dalam Peringatan Hari Pahlawan dan Hari Ayah tahun 2022. Seluruh siswa TK Sultan Iskandar Muda, Medan Sunggal, didampingi para guru dan orang tua, melakukan kegiatan berbagi paket camilan kepada kakak kelas mereka yang tergabung dalam Program Anak Asuh Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda mulai tingkat TK, SD, SMP, SMA dan SMK. Aksi berbagi camilan itu berlangsung di Lapangan Sekolah Sabtu (12/11), lalu dilanjutkan di ruangan kelas saat rintik gerimis turun.

Kegiatan yang dilakukan dalam rangka implementasi penguatan profil Pelajar Pancasila di TK SIM itu. Kegiatan yang mengambil tema "Pahlawan Kecil Berbagi.” Ada sebanyak 277 paket camilan yang dibungkus dalam paperbag dan langsung diserahkan anak-anak TK SIM kepada kakak-kakak kelas mereka.

Menghias Tas Kertas

Sebelum paket camilan dibagi, anak-anak ditemani para guru, melakukan belanja camilan di mini market yang ada di sekolah. Setelah selesai berbelanja, anak-anak lalu melakukan kegiatan menghias tas kertas. Banyak kreasi hiasan dibuat anak-anak. Setelah kegiatan menghias baru paket camilan itu dibagikan.

Foto Bersama Siswa TK SIM, orang tua dan guru - Foto Istimewa
“Lewat kegiatan ini kita ingin menanamkan pemahaman sejak dini kepada anak bahwa makna kepahlawanan tak selamanya berarti mereka yang berjuang melawan Belanda untuk kemerdekaan, tapi juga mereka yang berbuat baik kepada orang lain,” ujar Yus Cinta Miati, Kepala TK Sultan Iskandar Muda. Selain itu anak-anak juga didorong untuk berkreasi menghias tas kertas pembungkus camilan agar tampilannya makin menarik. Menurutnya saat proses menghias, ada siswa yang melipat kertas origami dengan bentuk baju, ada juga yang melakukan teknik kolase dan mewarnai tas kertas dengan teknik usap abur.

Menurut Yus Cinta Miati, jika dihubungkan dengan Profil Pelajar Pancasila, maka kegiatan pembagian paket camilan, itu mengandung dimensi gotong royong dengan elemen saling berbagi. Sedangkan kegiatan menghias tas kertas camilan mengandung dimensi kreatif dengan elemen kreativitas anak. Yus Cinta Miati mengaku sangat gembira dan bangga dengan partisipasi para orang tua yang telah ikut ambil bagian dalam kegiatan berbagi paket camilan itu.

Pimpinan Sekolah, Edy Jitro Sihombing, juga mengapresiasi kegiatan yang dilakukan uni TK karena sebagai sekolah penggerak, dimana TK SIM memang harus melaksanakan Kurikulum Merdeka dengan baik dan kreatif.

”Saya harap kegiatan positif seperti ini terus dilaksanakan sebagai program tahunan sekolah kita,” harap Edy Jitro.

Aneka Lomba

Sedangkan kegiatan perayaan “Hari Ayah”, yang mengambil tema “Ayahku Pahlawanku”, diawali dengan melakukan kegiatan senam bersama yang diikuti ayah dan anak dibimbing para guru. Berbagai lomba digelar untuk memeriahkan acara seperti lomba joget, lomba ayah mencari anak dengan mata tertutup kain ikat, dan lomba mengancingkan baju ayah oleh anaknya. Untuk berbagai lomba, pihak sekolah memberikan piala dan sertifikat bagi pemenang juara I, II dan III. (ja)

(JA)

Baca Juga

Rekomendasi