Hari Anak Sedunia Ingatkan Pentingnya Penuhi Hak Imunisasi

Hari Anak Sedunia Ingatkan Pentingnya Penuhi Hak Imunisasi
Tenaga kesehatan bersiap untuk menyuntikan vaksin kepada seorang anak pada imunisasi pada gebyar Bulan Imunisasi Anak Nasional di Kiara Artha Park, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (15/10/2022). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/YU)

Analisadaily.com, Jakarta - Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan menyatakan peringatan Hari Anak Sedunia yang diperingati setiap 20 November mengingatkan pentingnya pemenuhan hak imunisasi dasar bagi anak.

"Hari Anak Sedunia momentum untuk memenuhi hak anak atas imunisasi dasar secara lengkap," kata Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kemenko PMK, Agus Suprapto dilansir dari Antara, Minggu (20/11).

Agus menjelaskan, imunisasi dasar merupakan hal penting untuk memberikan perlindungan optimal bagi anak-anak Indonesia.

"Imunisasi dasar sangat bermanfaat untuk melindungi anak dari berbagai penyakit yang bisa dicegah dengan vaksinasi misalkan saja penyakit polio, difteri, campak, rubella, hepatitis B dan berbagai penyakit lain," katanya.

Imunisasi dasar, kata dia, juga dapat mendukung tumbuh kembang anak agar makin optimal mengingat anak-anak merupakan generasi penerus bangsa.

"Sebagai generasi penerus bangsa dan calon pemimpin di masa depan maka semua pihak perlu memastikan anak bertumbuh dan berkembang dengan optimal," katanya.

Agus menambahkan, pandemi Covid-19 dikhawatirkan akan memengaruhi cakupan imunisasi dasar di Tanah Air.

"Dengan demikian peringatan Hari Anak Sedunia dapat menjadi momentum yang tepat untuk mengejar target imunisasi dasar anak dan meningkatkan cakupan imunisasi dasar pada anak di tanah air," katanya.

Dia juga mengatakan bahwa pemerintah terus menggencarkan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya imunisasi dasar.

"Pemerintah juga telah membuat program Bulan Imunisasi Anak Nasional dan Bulan Imunisasi Anak Sekolah guna mendukung percepatan peningkatan cakupan imunisasi dasar," katanya.

Dengan adanya kesadaran bersama seluruh masyarakat untuk melengkapi imunisasi dasar pada anak, kata dia, maka diharapkan akan tercapai kekebalan kelompok atau herd immunity sesuai target yang telah ditetapkan.

"Kemenko PMK mengajak seluruh masyarakat, mari bersama-sama melindungi anak-anak Indonesia melalui pemberian imunisasi, silahkan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi dasar seperti polio, DPT-HB-Hib, PCV, dan campak rubella," katanya.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi