Program 'Petabakar' untuk Mengurangi Angka dan Risiko Kebakaran

Program 'Petabakar' untuk Mengurangi Angka dan Risiko Kebakaran
Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran (P2K) Kota Medan menggelar sosialisai, pelatihan dan simulasi pembentukan Kelurahan Percontohan Tanggap Bencana Kebakaran (Petabakar) di Kelurahan Helvetia Tengah, Sabtu (3/12). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran (P2K) Kota Medan menggelar sosialisai, pelatihan dan simulasi pembentukan Kelurahan Percontohan Tanggap Bencana Kebakaran (Petabakar) di aula Kelurahan Helvetia Tengah, Kecamatan Medan Helvetia, Sabtu (3/12).

Sekretaris Dinas P2K Kota Medan, Yunus, mengatakan kegiatan ini secara umum merupakan sesuai program kerja Dinas P2K Kota Medan, di mana salah satunya bertujuan untuk mengurangi angka dan resiko akibat terjadinya kebakaran.

"Melalui program Petabakar ini, diharapkan dapat menurunkan angka kerugian dan korban dampak dari kebakaran. Selain itu, nantinya para relawan dapat memenuhi standart pelayanan minimum dalam penanganan kebakaran dalam kurun waktu 15 menit," kata Yunus, Senin (5/12).

Yunus menjelaskan bahwa Dinas P2K Kota Medan menunjuk satu Kelurahan yaitu Kelurahan Helvetia Tengah untuk membentuk relawan kebakaran dan menjadi contoh bagi 150 Kelurahan lainnya yang ada di Kota Medan.

"Manfaatnya, 150 Kelurahan lain yang ada di Kota Medan bisa belajar atau mencontoh Kelurahan Petabakar ini karena sudah terbentuk relawan kebakaran. Dalam kegiatan ini dibagi dalam tiga regu, yakni regu pemadam dan penyelamatan, regu penyuluh dan regu komunikasi dan informasi," ucap Yunus.

Dalam kegiatan tersebut, Dinas P2K menurunkan 2 Unit Mobil Pemadam Kebakaran, 1 Unit ambulans dan berbagai bahan dan perlengkapan lainnya.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi