800 Relawan Ikuti Simulasi Penanganan Bencana

800 Relawan Ikuti Simulasi Penanganan Bencana
Simulasi Penanganan Bencana (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Jakarta - Menyambut International Volunteer Day (IVD) 2022, yang diperingati setiap tanggal 5 Desember, sebanyak 800 relawan mengikuti kegiatan simulasi penanganan bencana.

Relawan yang tergabung dalam Squad Penanggulangan Bencana Indonesia (PBI) siap diterjunkan ke berbagai kejadian bencana di seluruh Indonesia.

International Volunteer Day (IVD) atau Hari Relawan Internasional tahun 2022mengambil tema “Kebersamaan Relawan Penanggulangan Bencana untuk Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat Menuju Indonesia Tangguh”.

Acara digelar selama 3 hari berturut-turut, sejak Jumat-Minggu (23-25) Desember 2022 di Kempa 1-Buperta, Cibubur, Jakarta Timur, dihadiri Direktur Kesiapsiagaan BNPB, Pangarso Suryotomo selaku Pembina Squad PBI.

Selama tiga hari itu, acara diisi dengan Focus Group Discussion (FGD), sharing session, malam keakraban, kegiatan lapangan (simulasi kebencanaan), fun game, kompetisi ketangkasan relawan, workshop 5 cluster, penanggulangan bencana, dan volunteer fun camp.

Ketua Umum SQUAD PBI Subur Rojinawi mengatakan, Squad PBI dibentuk berawal dari Relawan Penanggulangan Bencana sejak tsunami Aceh tahun 2004 dan resmi terbentuk pada 11 April 2017.

Squad PBI terdiri dari berbagai lembaga, dan komunitas karena intensitas pertemuan dalam aktivitas kemanusiaan ketika merespon bencana.

"Kami menjadi terbiasa untuk berkoordinasi dan saling bahu membahu dalam merespon ketika bencana terjadi, selalu bersinergi dalam hal kemanusiaan, dan berlomba-lomba dalam hal kebaikan," terangnya.

Saat ini, sambungnya, ada 241 lembaga dan komunitas yang tersebar di seluruh wilayah DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Karawang, Purwakarta, Banten, Bandung, Sukabumi, Yogyakarta, Cilacap, Malang dan Bali tergabung dalam Squad PBI.

"Squad PBI menjadi wadah, untuk bersinergi dankontribusi dalam penanggulangan bencana dan kemanusiaan," papar Subur.

Subur berharap, kegiatan kali dapat meningkatkan solidaritas dan kekompakan serta membangun hubungan yang lebih baik antar lembaga dalam Squad PBI.

Direktur Kesiapsiagaan BNPB, Pangarso Suryotomo selaku Pembina Squad PBI menjelaskan, tujuan kegiatan tersebut untuk meningkatkan profesionalisme relawan penanggulangan bencana melalui simulasi penanganan keadaan darurat dalam kebencanaan dan pengabdian sosial kepada lingkungan sekitar.

"Selain itu, memperkuat pemahaman dan membangun kesadaran bersama terhadap pengurangan risiko bencana, dan penanggulangan bencana. Juga membangun dan mengembangkan jejaring antar Relawan Penanggulangan Bencana dalam aksi-aksi kemanusiaan," paparnya.

Faizin Nahar selaku Ketua Panitia mengatakan, relawan seluruh Indonesia tanpa adanya perintah, tanpa mengharap upah, langsung berbondong-bondong hadir saat bencana datang. Jumlahnya mencapai 800 orang dan ratusan organisasi yang terlibat dalam penanganan bencana.

Kini relawan tidak hanya didominasi oleh pria, namun banyak relawan wanita memiliki semangat dan kemampuan untuk terjun langsung terlibat penanganan.

“Dunia butuh orang-orang hebat yang berjiwa besar, orang-orang ikhlas dan memiliki motivasi bagaimanadengan kehadirannya bisa membuat perubahan yang lebih baik,” tandasnya.

(TRY/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi