Aplikasi Presensi Online: Pengertian, Tujuan, dan Perbedaannya dengan Metode Absensi Konvensional

Aplikasi Presensi Online: Pengertian, Tujuan, dan Perbedaannya dengan Metode Absensi Konvensional
Foto ilustrasi (Analisadaily/istimewa)

Analisadaily.com, Jakarta - Aplikasi presensi online pada suatu perusahaan maupun instansi pemerintah merupakan suatu hal yang wajib untuk dilakukan. Mungkin sebagian orang masih ada yang belum mengetahui jika penerapan absensi ini merupakan salah satu aspek yang penting baik bagi instansi swasta maupun pemerintah. Karena dengan penggunaan absensi ini memiliki suatu tujuan di mana perusahaan bisa mengetahui bagaimana kedisiplinan yang dimiliki oleh karyawan mereka ketika sedang bekerja. Tidak hanya untuk mengetahui kedisiplinan, tetapi penerapan absensi pada suatu instansi dan perusahaan. Hal ini memiliki tujuan untuk melihat bagaimana keaktifan karyawan perusahaan yang akan digunakan sebagai bahan laporan hingga meningkatkan kedisiplinan.

Aplikasi presensi online merupakan salah satu hasil dari perkembangan teknologi yang saat ini sudah semakin maju dan berkembang dengan sangat pesat. Seperti yang Anda ketahui bahwa era digital atau 4.0 di Indonesia saat ini telah berhasil memicu dan mengambil sebuah andil terhadap hampir semua segmen pada jalannya operasional sebuah bisnis pada suatu perusahaan.

Pada dasarnya, hal ini dilakukan karena perusahaan ingin agar jalannya bisnis atau pekerjaan karyawan bisa berjalan dengan lebih cepat dan efisien. Dengan begitu, jalannya suatu usaha yang didukung oleh teknologi ini sangat diperlukan salah satunya seperti penggunaan aplikasi presensi online karyawan perusahaan. Akan tetapi, penggunaan dari aplikasi presensi online ini tidak hanya diperlukan oleh karyawan perusahaan saja, tetapi staf HRD perusahaan pun juga sangat membutuhkan aplikasi presensi online ini.

Hal ini karena seorang staf HRD perusahaan biasanya memiliki pekerjaan untuk mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan daftar hadir karyawan perusahaan. Makanya, penggunaan teknologi absensi online ini sangat diperlukan agar pekerjaan mereka lebih cepat dan efisien karena dengan penggunaan absensi online tersebut akan membuat staf HRD perusahaan sudah tidak perlu lagi melakukan rekapitulasi setiap data karyawan secara manual seperti ketika menggunakan metode absensi dengan sistem konvensional.

Penggunaan absensi online akan membuat setiap data karyawan perusahaan akan di rekapitulasi secara otomatis. Tentu hal ini akan sangat membantu apalagi jika perusahaan memang memiliki begitu banyak karyawan yang jumlahnya bisa mencapai ratusan hingga ribuan. Jika Anda masih ragu untuk menggunakan aplikasi absensi online ini maka tidak ada salahnya untuk membaca ulasan kami mengenai absensi online sehingga bisa menjadi pertimbangan yang baik untuk Anda menggunakan aplikasi absensi online ini.

Apa Itu Aplikasi Presensi Online

Tentunya sebagian besar orang khususnya para pekerja sudah mengetahui apa itu aplikasi presensi online. Terlebih di era yang saat ini sudah serba menggunakan teknologi tentu sistem penggunaan aplikasi absensi online ini sudah tidak asing lagi bagi orang orang. Khususnya bagi para karyawan perusahaan maupun instansi pemerintah karena seperti yang sudah kami bahas sebelumnya bahwa instansi baik swasta maupun pemerintah saat ini sudah begitu banyak yang menggunakan aplikasi presensi online. Namun, apakah Anda sudah mengetahui atau memahami bagaimana kira kira sistem aplikasi presensi online ini bekerja?

Secara umum, aplikasi absen berbasis online merupakan suatu program pencatatan atau rekapitulasi kehadiran yang menerapkan sistem cloud yang terhubung dalam sistem program tersebut. Dengan menggunakan aplikasi absensi berbasis online setiap data para karyawan atau instansi pemerintah yang telah direkam di dalam aplikasi ini akan langsung dikirim dan disimpan dengan aman ke dalam database milik perusahaan secara real time.

Menariknya, penerapan sistem yang ada di dalam aplikasi absensi online ini akan membuat setiap data tersimpan cara otomatis. Bahkan, seorang staf HRD perusahaan yang biasanya memang memiliki pekerjaan untuk mencatat atau melakukan rekapitulasi data karyawan sudah tidak perlu melakukannya lagi. Tidak hanya itu saja karena setiap data yang telah di rekapitulasi secara otomatis dan tersimpan di dalam database ini bisa di akses oleh perusahaan khususnya staf HRD kapan saka dan di mana saja selama Anda memiliki koneksi jaringan internet yang baik.

Dengan penerapan atau penggunaan dari metode aplikasi absensi online dengan sistem berbasis cloud ketika sedang memanajemen setiap data absensi para karyawan, perusahaan pun juga bisa melakukan tracking terhadap setiap karyawan yang menggunakan aplikasi absensi online. Hal ini dapat dilakukan melalui GPS yang tersambung dengan aplikasi absensi sehingga perusahaan dapat mengetahui lokasi karyawan mereka. Selain itu, aplikasi absensi berbasis online ini juga bisa melakukan face recognition hingga melakukan rekapitulasi pencatatan jam kerja karyawan perusahaan secara real time. Hal tersebut akan membuat perusahaan bisa melakukan monitor terhadap kegiatan jam masuk dan pulang karyawan secara lebih efektif dan juga efisien.

Tujuan Adanya Aplikasi Presensi Online

Penerapan penggunaan aplikasi presensi online pada suatu perusahaan maupun instansi pemerintah merupakan suatu hal yang wajib untuk dilakukan. Mungkin sebagian orang masih ada yang belum mengetahui jika penerapan absensi ini merupakan salah satu aspek yang penting baik bagi instansi swasta maupun pemerintah.

Hal ini dikarenakan dengan penggunaan absensi ini memiliki suatu tujuan di mana perusahaan bisa mengetahui bagaimana kedisiplinan yang dimiliki oleh karyawan mereka ketika sedang bekerja. Tidak hanya untuk mengetahui kedisiplinan, tetapi penerapan absensi pada suatu instansi dan perusahaan ini memiliki tujuan untuk melihat bagaimana kinerja karyawan perusahaan yang akan digunakan sebagai bahan laporan hingga meningkatkan kedisiplinan.

Dengan menggunakan metode absensi baik itu dengan sistem yang konvensional maupun secara online, perusahaan bisa lebih mengetahui siapa saja pekerja mereka yang rajin masuk kerja dan datang lebih awal atau tidak telat ke kantor. Selain itu, adanya absen ini membuat perusahaan tau siapa saja karyawan yang sering terlambat dan karena mengetahui hal ini lah membuat perusahaan menjadi lebih paham kira kira bagaimana penerapan evaluasi yang tepat kepada karyawan tersebut. Bahkan, adanya penerapan metode absensi baik secara konvensional maupun menggunakan aplikasi absensi online, hal tersebut dapat meningkatkan mutu serta produktivitas dari perusahaan itu sendiri.

Bagi seorang karyawan perusahaan maupun instansi pemerintahan, data daftar kehadiran seorang karyawan ini akan menjadi suatu hal yang sangat penting. Hal ini dikarenakan data kehadiran karyawan akan memberi sebuah pengaruh terhadap besarnya gaji bersih khususnya tunjangan tunjangan yang akan diberikan oleh perusahaan kepada karyawan.

Oleh karena itu, kecurangan ketika melakukan daftar hadir ini tidak jarang terjadi. Ketika suatu perusahaan memutuskan untuk menggunakan sistem absensi dengan metode konvensional seperti mesin sidik jari maupun check lock, hal ini selain tidak efisien karena membutuhkan waktu yang lebih banyak juga sistem absensi manual ini lebih rawan terhadap kecurangan. Hal ini karena sistem konvensional bisa direset sehingga setiap data yang sudah direkam oleh mesin tersebut akan hilang seketika.

Hal ini sangat berbeda ketika perusahaan memutuskan untuk menggunakan aplikasi presensi online di mana segala data yang sudah direkam dan di rekapitulasi oleh sistem akan langsung disimpan dengan aman oleh program dan dikirim ke database perusahaan maupun instansi sehingga bisa dikatakan jika untuk masalah keamanan pun penggunaan metode absensi dengan menggunakan aplikasi online ini jauh lebih unggul.

Perbandingan Antara Penggunaan Sistem Absensi Konvensional dan Aplikasi Presensi Online

Tentunya masih banyak perbandingan atau perbedaan antara penggunaan sistem absensi dengan menggunakan metode konvensional dengan penggunaan aplikasi absensi online. Bisa dikatakan perbandingan ini lah yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak perusahaan maupun instansi pemerintah akhirnya lebih memutuskan untuk menggunakan aplikasi absensi online. Jika Anda masih ragu dan mempertimbangkan apakah harus menggunakan sistem aplikasi absen ini atau tidak maka ada baiknya bagi Anda untuk melihat apa saja perbandingan antara aplikasi presensi online dengan metode absensi dengan sistem konvensional yang akan kami jelaskan berikut ini, yaitu:

  1. Lebih Fleksibel dan Efisien
Seperti yang Anda ketahui bahwa ketika suatu perusahaan memutuskan untuk menggunakan metode absensi dengan sistem konvensional. Maka hal ini akan membuat setiap karyawan harus datang ke tempat absen untuk melakukan absen kehadiran maupun jam pulang kantor.

Hal ini tentu akan berbeda ketika perusahaan maupun instansi pemerintah menggunakan metode absensi online karena setiap karyawan bisa melakukan absen kehadiran dimanapun dan kapanpun yang mereka inginkan. Hal ini karena pada dasarnya absensi online sangat multilokasi, selama aplikasi yang terpasang pada perangkat Anda telah tersambung dengan koneksi internet yang baik maka Anda bisa langsung melakukan absen.

Selain itu, sistem absensi yang seperti ini juga membuat karyawan pada akhirnya tidak perlu lagi repot-repot untuk melakukan antri karena biasanya ketika menggunakan sistem konvensional setiap karyawan akan mengantri panjang untuk melakukan absen ketika jam masuk maupun pulang kantor. Tentunya hal tersebut akan memakan waktu yang cukup banyak sehingga hal ini pun tidak efisien bagi produktivitas kerja para karyawan perusahaan maupun instansi pemerintahan.

  1. Aplikasi Presensi Online Lebih Aman
Selain dikenal karena sistemnya yang jauh lebih aman, penggunaan dari sistem absensi online ini dinilai jauh lebih aman untuk digunakan sebagai metode sistem ketika sedang terjadi pandemi C-19 seperti saat ini. Seperti yang Anda ketahui bahwa ketika pandemi seperti saat ini, masyarakat memang sangat dianjurkan untuk mengurangi kontak fisik.

Ketika menggunakan sistem absensi konvensional yang memakai sebuah alat, tentu akan membuat setiap karyawan perusahaan mau tidak mau melakukan kontak karena bersentuhan dengan mesin absensi. Sementara ketika Anda menggunakan aplikasi online, Anda sama sekali tidak akan melakukan kontak karena setiap absensi yang dilakukan tersebut menggunakan perangkat pribadi masing masing. Sehingga hal ini lah yang membuat penggunaan aplikasi presensi online jauh lebih aman jika digunakan ketika masa pandemi seperti saat ini.

  1. Aplikasi Presensi Online Alat yang Tidak Mudah Rusak
Seperti yang Anda ketahui bahwa penggunaan absensi dengan metode konvensional ini sebenarnya lebih cenderung mudah rusak jika dibandingkan ketika Anda menggunakan sistem aplikasi presensi online. Hal ini karena sistem absen konvensional ini menggunakan alat atau mesin dan aplikasi absensi online hanya menggunakan sebuah software. Karena penggunaan metode konvensional dengan mesin ini lah yang membuat alat tersebut harus mendapat perawatan yang rutin agar tidak cepat rusak.

Selain itu, untuk biaya perawatan tersebut perusahaan membutuhkan dana yang tidak sedikit, apalagi ketika mesin absensi akhirnya mengalami kerusakan. Tentu akan ada banyak biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan. Oleh karena itu, ketika suatu perusahaan maupun instansi masih menggunakan metode absensi seperti ini ada baiknya untuk menyiapkan anggaran tambahan baik itu untuk perawatan rutin maupun kerusakan mesin yang sewaktu waktu bisa terjadi kapan saja.

Demikianlah penjelasan kami mengenai keunggulan dari penggunaan aplikasi presensi online yang memang memiliki manfaat jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan penggunaan absensi dengan sistem konvensional ini. Pada umumnya, seorang pemimpin pada suatu perusahaan maupun instansi memiliki sebuah kewajiban untuk mempercepat sistem digitalisasi pada jalannya bisnis yang mereka jalankan. Apalagi di era teknologi saat ini kompetisi bisnis semakin tinggi tentu perusahaan harus mampu mempertahankan perusahaan mereka.

Penggunaan aplikasi absensi online ini bisa dikatakan sebagai salah satu cara bagi perusahaan atau suatu gerbang awal ketika perusahaan mau melakukan digitalisasi terhadap perusahaan mereka. Kunci yang tepat untuk mencapai keberhasilan dari penggunaan aplikasi presensi online pada perusahaan atau instansi yang mereka jalankan adalah dengan cara memilih aplikasi presensi online yang tepat.

Salah satu aplikasi presensi online terbaik yang bisa digunakan adalah aplikasi presensi online talenta dengan fiturnya yang begitu lengkap seperti adanya fitur absen masuk, melakukan monitoring secara real time, jadwal shifting karyawan perusahan, hingga melakukan rekapitulasi secara otomatis. Oleh karena itu, tidak heran jika aplikasi presensi online talenta ini berhasil menjadi aplikasi presensi online yang banyak direkomendasikan karena aplikasi ini sangat memudahkan perusahaan dalam melakukan pengoperasian setiap jadwal karyawan secara efisien, efektif, dan akurat. Bahkan, aplikasi presensi online talenta ini juga dapat melakukan perhitungan absensi karyawan mereka secara akurat karena sistem aplikasi absensi ini telah terintegrasi dengan payroll.

(Adv)

Baca Juga

Rekomendasi