Semua Pembukuan UMKM Jadi Mudah dengan Aplikasi Pembukuan Usaha Mekari

Semua Pembukuan UMKM Jadi Mudah dengan Aplikasi Pembukuan Usaha Mekari
Foto ilustrasi (Analisadaily/istimewa)

Analisadaily.com, Jakarta - Jika kamu baru mulai menjalankan online shop atau usaha kecil-kecilan lainnya, selamat ya! Mendirikan suatu bisnis adalah pencapaian yang memerlukan semangat dan ketekunan yang luar biasa. aplikasi pembukuan usaha akan sangat berguna dalam pekerjaan sehari- hari.

Dibalik pencapaian itu, ada berbagai tanggung jawab dan konsekuensi yang harus kamu jalankan. Tentunya diperlukan kerja keras dan kemauan yang kuat untuk belajar banyak hal baru, termasuk soal pengelolaan keuangan,

Banyak pemula dalam bisnis baik itu usaha mikro, kecil, maupun menengah mahir dan kreatif dalam menciptakan suatu produk dan layanan yang hebat. Tapi di sisi lain, banyak dari mereka yang belum benar-benar paham mengenai pembukuan warung kecil.

Mereka berpikir bahwa pembukuan warung kecil adalah pekerjaan yang rumit. Namun sebenarnya, jika kamu mampu memahami dan menggunakan data pembukuan secara efektif, kamu punya peluang lebih besar untuk bisa mengembangkan usahamu.

Kalau kamu belum paham mengenai akuntansi, nggak masalah. Kamu bisa mempelajari dasar-dasar akuntansi bagi usaha kecil dengan panduan singkat untuk pemula ini.

Kita mulai dulu dari pengertian pembukuan ya. Seperti yang tertera dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007, pembukuan sederhana adalah suatu proses pencatatan yang dilakukan secara teratur untuk mengumpulkan data dan informasi keuangan. Pencatatan keuangan ini meliputi harta, kewajiban, modal, penghasilan, dan biaya, serta jumlah harga perolehan dan penyerahan barang atau jasa. Kemudian bisa ditutup dengan membuat laporan keuangan berupa neraca dan laporan laba rugi pada periode tersebut.

Selanjutnya kita akan bahas mengenai beberapa jenis pembukuan secara umum. Pembukuan sederhana terdiri dari beberapa jenis pencatatan yang bisa kamu buat dengan mudah

Aplikasi Pembukuan Usaha terdiri dari:

  1. Pembukuan Catatan Kas
Biasa disebut juga dengan buku kas, pembukuan jenis ini merupakan gabungan catatan antara transaksi pengeluaran dan pemasukan. Membuat pembukuan ini sangat mudah. Kamu hanya perlu menuliskan semua pemasukan dan pengeluaran yang terjadi dalam aktivitas usahamu.

Pemasukan dan pengeluaran dalam suatu usaha sangat penting untuk dicatat, agar kamu bisa lebih mudah merencanakan pengembalian modal usaha, target, penjualan, dan lain-lain. Kamu bisa mencatat mulai dari pemasukan penjualan, belanja pembelian bahan baku, kegiatan operasional, administrasi, gaji karyawan dan lainnya dalam pembukuan kas ini setiap bulannya.

  1. Pembukuan Persediaan
Persediaan ini erat kaitannya dengan penjualan, karena ketika ada penjualan, kamu harus dapat memastikan bahwa produk tersebut tersedia. Pembukuan persediaan ini juga bisa digunakan untuk menghindari kecurangan yang dilakukan karyawan dan supplier. Apalagi, kalau jumlah persediaan dan transaksi penjualan bisnis kamu banyak.

  1. Pembukuan Inventaris Barang
Pembukuan jenis ini berisi catatan setiap barang atau aset yang kamu miliki dan yang kamu beli. Dengan menyusun pembukuan inventaris barang, kamu bisa menjaga atau mengawasi agar aset usahamu terkendali, bahkan bisa bertambah, dan agar jangan sampai ada yang hilang. Pembukuan ini juga akan mempermudah kamu dalam melakukan pengecekan barang dan melakukan mutasi atau penghapusan barang.

  1. Pembukuan Hutang Piutang
Pembelian tidak selalu dilakukan secara tunai, karena ada juga yang dilakukan secara kredit atau dibayarkan nanti. Dalam kasus seperti ini, kamu harus mencatatnya dalam pembukuan hutang piutang, kamu tidak lupa siapa saja yang berpiutang, berapa besar piutangnya serta telah melakukan pembayaran seberapa besar.

Dengan catatan piutang ini kita bisa memonitor sudah berapa lama piutang tersebut tidak tertagih. Kita harus bisa mempercepat periode penarikan piutang, jangan sampai penjualan banyak tapi kebanyakan dalam bentuk piutang, karena akan mengganggu cash flow bisnis.

Demikian juga dengan hutang, yang harus kamu bayar tepat waktu demi menjaga nama baik dan kepercayaan yang diberikan kepada kamu dan usahamu. Selain itu, dengan melakukan pencatatan hutang maka kamu akan terhindar dari membayar 2 kali atau lebih.

Cara membuat aplikasi pembukuan usaha

Setelah mengetahui pengertian dan jenis pembukuan, kamu bisa mempelajari cara membuatnya. Berikut adalah contoh cara membuat pembukuan warung kecil (catatan kas).

Kamu bisa menggabungkan transaksi antara buku kas pemasukan dengan pengeluaran. Biasanya yang ada di dalam pembukuan warung kecil ini meliputi judul, uraian, tanggal, penerimaan (debit), pengeluaran (kredit), saldo, dan total dari debit dan kreditnya.

Dengan menggabungkan transaksi pemasukan dan pengeluaran tersebut, kamu bisa mengetahui dengan jelas berapa keuntungan maupun kerugian usahamu. Kamu juga bisa mengetahui besarnya anggaran usahamu, agar dapat membuat perencanaan dan strategi selanjutnya, terutama jika di kemudian hari ada biaya tidak terduga yang harus dikeluarkan.

Kalau kamu ingin usahamu bisa terorganisir dan terus berkembang sehingga menghasilkan banyak keuntungan, maka penting banget untuk membuat pembukuan warung kecil yang bisa membantumu mengetahui kondisi usahamu dan menentukan target yang diinginkan.

Bagi perusahaan besar, membuat pembukuan merupakan hal yang mudah karena mereka sudah memiliki akuntan berpengalaman untuk khusus mengerjakan pembukuan di perusahaannya. Sedangkan untuk para pelaku UMKM, pembukuan warung kecil bisa dilakukan dengan bantuan berbagai aplikasi pembukuan usaha yang dapat memudahkan mereka mengelola dan memantau laporan keuangan usaha mereka melalui smartphone.

Namun, dengan aplikasi pembukuan usaha yang tepat, kamu akan lebih percaya diri dalam menentukan langkah selanjutnya untuk mengembangkan bisnismu.

Kelola Pembukuan Warung Kecil dengan Aplikasi Pembukuan Usaha Mekari Jurnal

Jurnal sebagai sebuah software akuntansi online hadir untuk memudahkan pemilik Usaha Kecil & Menengah dalam mengelola sistem pembukuan warung kecil yang lebih baik dan efisien. Jurnal memiliki komitmen yaitu memastikan solusi pembukuan warung kecil Anda selalu terpenuhi.

Sebagai pemilik bisnis, mungkin Anda telah menggunakan berbagai macam teknologi cloud untuk menjalankan usaha Anda, seperti Dropbox, Google Drive, dan lain sebagainya. Alasannya beragam, entah untuk fleksibilitas yang lebih besar, membantu perkembangan kolaborasi dalam tim, efisiensi manajemen pengelolaan data, beragam manfaat ditawarkan ketika Anda menggunakan cloud sebagai basis aset bisnis Anda. Jurnal sebagai software akuntansi berbasis cloud memudahkan pengelolaan keuangan Anda dimanapun dan kapanpun.

Jurnal memudahkan penyusunan laporan keuangan bisnis Anda lebih cepat, hemat waktu, biaya makin efisien, akses kapan pun di mana saja. Kembangkan bisnis Anda dengan memulai pembukuan yang benar dengan beragam fitur yang diberikan, seperti:

  • Invoice & PO, buat Faktur Penjualan, Pesanan Pembelian, dan Surat Jalan profesional secara otomatis.
  • Laporan Cepat & Tepat, susun laporan finansial dan aktivitas bisnis secara real-time dengan 1-klik.
  • Kontrol Stok Persediaan, monitor stok serta lakukan stok opname untuk laporan tepat.
  • Kolaborasi Real-time, tambah pengguna lainnya untuk performa kerja multi-tasking.
  • Online Live Chat Tiap Saat, hubungi kami kapan saja, tim support kami siap membantu pebisnis!
Kelebihan Aplikasi Pembukuan Usaha Mekari Jurnal

  1. Bisa Digunakan Kapan Saja dan Dimana Saja
Aplikasi Mekari Jurnal memiliki banyak keistimewaan yang bisa digunakan kapan saja dan di mana saja. Anda bisa menggunakan aplikasi ini di rumah, di kantor, dan di tempat-tempat lainnya. Selain itu, aplikasi ini mudah didapat dan ukuran filenya sangat ringan, tidak lebih dari 10 MB. Anda bisa unduh aplikasi pembukuan usaha ini tanpa Takut membuat penyimpanan di telepon Anda habis.

  1. Dapat Digunakan untuk Beragam Jenis Usaha
Aplikasi pembukuan usaha Mekari Jurnal ini tidak cuma bisa dipakai untuk satu usaha saja. Aplikasi ini juga bisa dipakai untuk mencatat pembukuan warung kecil dari segala jenis usaha. Mulai dari toko warung-warung kecil, konter pulsa, kafe atau kedai makanan dan minuman, rental mobil, bengkel dan toko online, laundry sampai warung makan.

  1. Dapat Menyimpan Banyak Pembukuan dengan Aman
Seperti yang sudah disampaikan di poin sebelumnya, Anda bisa menggunakan aplikasi pembukuan warung kecil Mekari Jurnal untuk segala jenis usaha. tidak cuma itu, Anda juga bisa mencatat pembukuan warung kecil lebih dari satu. Sehingga apapun jenis usaha Anda, dengan menggunakan aplikasi ini akan tersimpan dengan aman.

Jadi, kalau Anda punya lima jenis usaha yang berbeda, Anda bisa mencatat semua pembukuannya secara online di aplikasi pembukuan usaha Mekari Jurnal.Data yang Anda miliki pun tersimpan dengan aman di server Mekari Jurnal. Jadi, Anda tidak perlu khawatir data pembukuan warung kecil Anda hilang atau dicuri orang.

  1. Aplikasi Pembukuan Usaha Multiguna
Aplikasi ini tidak hanya dipakai untuk mencatat pembukuan warung kecil, aplikasi Mekari Jurnal juga bisa Anda gunakan untuk dijadikan aplikasi kasir. Jadi, jika Anda tidak punya mesin kasir, Anda bisa menggunakan aplikasi pembukuan usaha Mekari Jurnal ini.

  1. Gratis dan Mudah untuk Digunakan
Kelebihan lain dari aplikasi Mekari Jurnal adalah aplikasi ini dapat Anda unduh secara gratis di play store. Selain itu, Mekari Jurnal juga memiliki tampilan yang simpel, sehingga aplikasi ini lebih mudah dan cepat untuk digunakan.

  1. Memudahkan Evaluasi Kinerja Bisnis
Laporan dalam pembukuan warung kecil memiliki peran yang sangat penting karena dapat menggambarkan bagaimana usaha Anda berjalan dengan baik atau tidak. Oleh sebab itu, pembukuan warung kecil digunakan untuk melakukan evaluasi kinerja bisnis.

Jika ada hal yang membuat bisnis merugi, hal itu harus diperbaiki. Sementara itu, strategi yang membuat bisnis mendapatkan keuntungan lebih harus dipertahankan. Aplikasi pembukuan usaha Mekari Jurnal dapat membantu perusahaan mendapatkan laporan yang akurat. Dengan catatan Anda telah memasukkan seluruh data transaksi.

Anda Tidak perlu khawatir akan ada transaksi yang terlewat atau salah dalam perhitungan. Jadi, laporan yang dihasilkan dari Mekari Jurnal dapat mempermudah Anda dan rekan untuk melakukan evaluasi dalam kinerja bisnis.

  1. Strategi Bisnis yang Akurat
Setelah melakukan evaluasi, Anda juga perlu merencanakan strategi dalam bisnis untuk periode selanjutnya. Tujuannya adalah untuk memperbaiki kesalahan yang terjadi pada waktu sebelumnya. Dengan adanya laporan keuangan yang didapatkan dari Mekari Jurnal, penyusunan strategi bisnis menjadi lebih lebih akurat.

Misalnya terdapat penjualan beberapa produk yang kurang baik, data ini akan dapat Anda lihat dengan sangat akurat di dalam laporan Mekari Jurnal. Dengan begitu, Anda dapat menyusun strategi untuk meningkatkan penjualan produk tersebut di periode berikutnya.

  1. Pencatatan Transaksi yang Tersistem
Mekari Jurnal merupakan aplikasi pembukuan usaha yang memiliki sistem serta database yang saling terhubung. Sehingga dapat menghasilkan laporan yang akurat dan detail dalam waktu singkat. Aplikasi pembukuan usaha ini juga dapat digunakan sebagai aplikasi kasir. Sehingga catatan penjualan akan langsung masuk ke database.

Dengan begitu, pencatatan keuangan dalam bisnis Anda menjadi lebih terstruktur dan berkesinambungan. Data yang terperinci memudahkan Anda untuk melakukan pengawasan dan evaluasi seperti yang sudah dibahas pada poin sebelumnya.

Pencatatan transaksi yang tersistem pada aplikasi pembukuan usaha Mekari Jurnal juga didukung dengan tampilan yang sederhana dan mudah dipahami, bahkan oleh pemula. Hal ini tentu dapat memudahkan Anda yang masih awam akan penggunaan teknologi.

(Adv)

Baca Juga

Rekomendasi