Mengenal Lebih Dekat Dengan aplikasi absensi online

5 Manfaat pada Saat Menggunakan Aplikasi Absensi Online

5 Manfaat pada Saat Menggunakan Aplikasi Absensi Online
Foto ilustrasi (Analisadaily/istimewa)

Analisadaily.com, Jakarta - Aplikasi absensi online adalah salah satu alat yang sangat penting untuk dimiliki pada perusahaan di era seperti sekarang ini. Dengan adanya aplikasi absensi online, semua jam kerja pada karyawan bisa teratasi dengan baik. Paling terpentingnya lagi aplikasi absensi online bisa mengurangi kecurangan yang dilakukan oleh karyawan. Sehingga dengan hal tersebut membuat karyawan merasa terawasi dan melakukan pekerjaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Aplikasi absensi online kini merupakan salah satu alat yang berasal berkat perkembangan teknologi. Dengan adanya perkembangan teknologi juga semua kegiatan online bisa diselesaikan secara cepat.

Adanya kemajuan teknologi semakin pesat ini, membuat semua kegiatan yang dulunya dilakukan secara konvensional sudah bisa teratasi dengan cepat. Apalagi dengan adanya sistem absensi yang dilakukan secara mobile tidak ada lagi karyawan yang bisa melakukan kecurangan.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan secara tuntas dan lengkap mengenai aplikasi absensi online. Sedangkan, untuk anda yang penasaran dengan aplikasi absensi online bisa langsung saja simak lebih lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Aplikasi Absensi Online

Sebelum membahas lebih banyak dan jauh lagi tentang aplikasi absensi online lebih baik dimulai terlebih dahulu dalam segi pengertian. Sesuai dengan namanya aplikasi absensi online adalah salah satu sistem absensi kehadiran dan kepulangan yang dilakukan secara online.

Bahkan pada saat suatu perusahaan yang sudah menggunakan sistem absensi secara mobile ini bisa dilakukan di mana saja. Akan tetapi pertanyaan yang sering muncul adalah apakah datanya dapat tertukar dengan karyawan lainnya.

Untuk masalah data yang tertukar pada aplikasi absensi online ini bisa saja terjadi ketika ada hacking dari seseorang oknum. Maka dengan adanya hacking tersebut semua data yang ada di aplikasi absensi online bisa bocor di mana-mana.

Sedangkan, untuk masalah data yang tertukar pada sebuah sistem ini tidak akan mungkin terjadi atau mustahil. Seperti anda ketahui juga setiap karyawan perusahaan mempunyai data diri yang berbeda-beda.

Contoh mudahnya ketika karyawan pada perusahaan sedang melakukan absensi online dengan pengenalan sidik jari yang bersangkutan. Tentu saja untuk jenis sidik dari orang tersebut akan berbeda. Dengan hal tersebut juga bisa dikatakan bahwa dengan sistem absensi online yang tersedia tidak akan tertukar.

Manfaat pada Saat Menggunakan Aplikasi Absensi Online

Setiap teknologi yang dapat digunakan oleh manusia pasti mempunyai manfaat masing-masing. Sama halnya ketika perusahaan menggunakan aplikasi absensi online ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan. Untuk beberapa manfaat dari aplikasi absensi online adalah:

1. Memberikan Proses Absensi Lebih Praktis

Seperti yang sudah disebutkan pada sebelumnya bahwa dengan adanya aplikasi absensi online, maka karyawan di perusahaan bisa mengakses di mana saja. Paling terpenting selama karyawan masih mempunyai smartphone yang dilengkapi dengan jaringan internet proses aplikasi absensi online tetap masih bisa berjalan secara lancar.

Apalagi untuk para tim lapangan pada sebuah perusahaan juga bisa melakukan absensi tanpa memandang tempat. Untuk hal ini tentu saja sangat menguntungkan, karena tidak perlu membutuhkan waktu luang untuk datang menuju ke kantor dan bisa langsung bertemu dengan klien.

Meski aplikasi absensi online bisa dilakukan di mana saja, akan tetapi untuk data yang diperoleh oleh tim HR perusahaan tetap masih akurat. Selain itu, semua data yang masuk di dalam sistem tersebut juga sudah saling terintegrasi dengan baik.

Jadi, untuk sistem tersebut dapat dijadikan sebagai suatu tempat yang berisikan mengenai segala informasi karyawan dan salah satunya adalah jam absensi. Dengan adanya sistem tersebut juga dapat membantu tim HR memantau kedisiplinan para karyawan apakah tim lapangan bekerja secara tepat waktu atau tidak.

2. Mempermudah HR Perusahaan untuk Melakukan Monitoring Tim Lapangan

Seperti yang anda ketahui, tim lapangan ini mempunyai pekerjaan berkunjung ke lokasi satu ke lainnya untuk bertemu dengan seorang klien. Terkadang dengan aktivitas yang dilakukan oleh tim lapangan ini membuat HR perusahaan merasa kesulitan untuk memonitor lokasi mereka.

Selain itu, dengan kesulitan tersebut membuat tim lapangan harus memberikan report mengenai dimana saja lokasi mereka. Akan berbeda ketika adanya aplikasi absensi online tidak perlu lagi melakukan seperti yang sebelumnya.

Di dalam sistem absensi secara mobile ini sudah mempunyai atau menyediakan fitur GPS tracker. Di dalam GPS tracker tersebut akan menunjukkan tanggal dan juga waktu yang dihabiskan oleh tim lapangan di lokasi tertentu. Bahkan HR perusahaan juga bisa melacak lokasi rute perjalanan yang sudah dilakukan oleh tim lapangan.

Dengan fitur tersebut membuat semua karyawan tidak hanya tim lapangan saja bisa fokus terhadap suatu pekerjaan. Selain itu, juga dapat membantu para tim HR perusahaan untuk melakukan pembuatan laporan bulanan.

3. Mempermudah Melacak Jam Kerja Karyawan

Adanya aplikasi absensi online ini tidak hanya berguna untuk dilakukan oleh semua karyawan perusahaan. Akan tetapi, dengan adanya sistem tersebut juga membantu para tim HR perusahaan untuk mengelola karyawan yang sedang bekerja secara remote atau di luar kantor.

Setiap perusahaan pastinya mempunyai jam kerja yang berbeda-beda atau tidak sama. Namun, juga harus diingat bahwa semua karyawan harus memenuhi kewajiban bekerja dengan waktu total sampai dengan 40 jam dalam waktu seminggu.

Sedangkan, untuk tim lapangan akan merasa kesulitan ketika akan melacak berapa jumlah jam kerja yang sudah dilakukan. Untungnya, saat ini sudah tersedia absensi secara mobile yang menyediakan fitur time tracking.

Dengan adanya fitur tersebut juga bisa mencatat berapa lama jam kerja yang sudah dilakukan oleh karyawan dalam satu hari, minggu dan bulan. Untuk tim HR perusahaan yang memberlakukan karyawannya bekerja di luar kantor tentu tetap bisa memantau jam kerja secara akurat.

4. Dapat Meningkatkan Time Management yang Baik

Bagi karyawan yang mempunyai aktivitas lebih banyak di luar kantor, harus bisa mengelola waktu secara baik. Apalagi ketika ingin bertemu dengan banyak bertemu dengan klien dengan kurun waktu satu hari manajemen waktu sangatlah penting.

Supaya semua karyawan mempunyai manajemen waktu yang baik, maka bisa memahami lebih banyak lagi dengan bagaimana cara menghabiskan jam kerja secara baik. Dengan cara ini dapat memberikan wawasan lebih banyak lagi tentang cara penggunaan waktu yang tidak efektif dan efisien.

Selain itu, dengan dengan hal tersebut juga membuat semua karyawan pada perusahaan bisa melakukan perubahan ke arah yang lebih baik lagi. Untuk melakukan hal tersebut, karyawan perusahaan bisa memanfaatkan tim tracker yang ada di aplikasi absensi online.

Di dalam sistem tersebut bisa merekam berapa waktu yang telah dihabiskan untuk setiap satu kunjungan. Selain itu, semua karyawan juga bisa menjadi lebih aware dengan pengelolaan waktu di dalam setiap harinya.

5. Dapat Meningkatkan Target Penjualan pada Tim Lapangan

Tentu saja Anda sudah tahu bahwa untuk tim lapangan yang ada di perusahaan mempunyai target penjualan masing-masing. Sehingga secara tidak langsung, dengan menggunakan aplikasi absensi online ini dapat mendorong untuk mencapai target.

Selain itu, dengan adanya sistem ini dapat membangun beberapa fitur seperti GPS tracker, time tracker dan sehingga bisa membangun rasa kedisiplinan dan tanggung jawab dari semua karyawan perusahaan. Pada akhirnya dengan adanya sistem aplikasi absensi online dapat membantu time management karyawan yang lebih baik dan mendorong pola kerja tim lapangan menjadi lebih produktif.

Perbedaan Aplikasi Absensi Online dengan Absensi Konvensional

Tidak dipungkiri ketika anda masih bingung membedakan antara aplikasi absensi online dengan konvensional. Secara sederhana untuk absensi yang dilakukan oleh mobile ini mempunyai sistem online.

Sedangkan untuk absensi konvensional ini dilakukan secara manual. Untuk masalah kecepatan dari kedua jenis absensi tersebut juga berbeda. Tentu saja untuk sistem absensi secara online mempunyai kecepatan yang lebih cepat dibandingkan konvensional.

Setiap karyawan perusahaan yang ingin melakukan absen tidak perlu menunggu karyawan lainnya. Berbeda dengan sistem absensi konvensional yang biasanya setiap peserta harus melakukan absen dengan proses antre. Tentu saja dengan hal tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama lagi.

Lalu, untuk risiko yang dilakukan oleh karyawan juga terbilang sangat beda. Kecurangan akan lebih besar bisa terjadi oleh karyawan ketika perusahaan masih menggunakan absensi konvensional.

Hal kali ini juga bisa disebabkan karena adanya beberapa oknum karyawan yang biasanya melakukan penitipan absensi. Sedangkan, untuk anda yang menggunakan sistem online, semua kegiatan absen hanya bisa dilakukan oleh karyawan bersangkutan.

Tentu saja untuk masalah keamanan di absen mobile ini terbilang lebih aman dibandingkan konvensional. Sehingga tidak dipungkiri juga ketika perusahaan lebih memilih aplikasi absensi online untuk mengurangi kejadian kecurangan tersebut.

Memang untuk saat ini semua kegiatan yang sebelumnya menghabiskan banyak waktu bisa selesaikan secara singkat. Akan tetapi, dengan teknologi yang semakin meningkat ini juga banyak macam-macam jenis software yang bermunculan dan menawarkan segala fitur.

Untuk pemilihan software memang tidak bisa dilakukan secara sembarangan begitu saja. Perusahaan pun juga harus memperhatikan fitur yang diberikan oleh software tersebut.

Akan tetapi, untuk saat ini perusahaan tidak perlu merasa bingung lagi ketika harus memilih software yang berhubungan masalah absensi. Ada salah satu software yang bisa dipilih dan digunakan oleh kalangan perusahaan yaitu Talenta.co.

Sebagian orang atau perusahaan tentu saja sudah tidak asing lagi dengan Talenta.co. Bahkan juga ada beberapa perusahaan yang saat ini berdiri sudah menggunakan software absen milik Talenta.co.

Memang untuk Talenta.co ini mempunyai macam-macam pilihan layanan dan jenis software yang bisa dipilih oleh kalangan masyarakat atau perusahaan. Apalagi untuk masalah harga tidak perlu ditanyakan lagi tetap masih ramah di kantong.

Selain itu, untuk harga sudah ditetapkan oleh Talenta.co ini juga ditentukan lagi dengan layanan yang akan digunakan. Bisa dikatakan semakin banyak layanan yang ingin diterapkan pada sistem absensi tersebut, maka untuk biaya bisa semakin meningkat.

Semua harga yang sudah diberikan oleh Talenta.co sudah mempunyai masa garansi. Apabila terjadi permasalahan dengan sistem absensi yang sudah dibuat, maka bisa langsung menghubungi pihak Talenta.co untuk melakukan perbaikan.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap, jelas dan detail mengenai aplikasi absensi online. Besar harapan setelah adanya pembahasan di atas sudah tidak ada lagi perusahaan yang merasa bingung memilih software absensi. Selain itu, dengan penjelasan di atas bisa membuat karyawan pada perusahaan lebih aware dengan yang namanya absensi.

(Adv)

Baca Juga

Rekomendasi