Jenis-jenis Pembayaran Digital yang Sering Digunakan

Jenis-jenis Pembayaran Digital yang Sering Digunakan
Foto ilustrasi (Analisadaily/istimewa)

Analisadaily.com, Jakarta - Di zaman serba canggih dan modern ini, melakukan pembayaran tak perlu dengan menggunakan uang cash yang cenderung merepotkan terlebih jika kita membeli sebuah produk dengan harga yang cukup tinggi sehingga harus membawa jumlah uang yang sangat besar.

Membawa uang dalam jumlah besar memang sangat merepotkan dan akan mengundang tindakan kriminalitas. Untuk menghindari dan mengantisipasi tindakan tersebut, perkembangan teknologi akhirnya menciptakan sistem pembayaran digital yang sangat membantu masyarakat.

Seperti misalnya kita menggunakan jasa pembayaran paypal sebagai pembayaran digital, tentu kalian tak perlu kerepotan membawa uang dalam jumlah besar sehingga bisa membeli berbagai produk dengan mudah meskipun berasal dari luar negeri.

Apa Itu Pembayaran Digital?

Seperti yang kita ketahui bahwa pembayaran digital merupakan sebuah cara atau metode transaksi jual beli modern yang sangat erat kaitannya dengan teknologi. Dikatakan erat dengan teknologi, sebab tata cara dan pelaksanaan pembayaran digital amat memerlukan produk perkembangan teknologi yakni smartphone dan kuota internet.

Ungkapan lain mengenai pembayaran digital ialah e-payment, pembayaran elektronik atau pembayaran online. Dengan kata lain, kegiatan pembayaran digital merupakan layanan transaksi berbasis teknologi canggih yang berjalan secara non-tunai baik dalam kegiatan merchant atau jual beli offline (secara tatap muka) ataupun online.

Mengenal Jenis-Jenis Pembayaran Digital Terpercaya di Indonesia

  • E-Wallet

Pembayaran Digital pertama ialah E-Wallet atau Elektronik Wallet yang dalam bahasa Indonesia disebut dengan Dompet Digital. Kini, telah banyak berkembang jenis dompet digital seperti DANA, OVO, Gopay dan lain sebagainya.

Jika melakukan pembelian produk digital dari luar negeri biasanya pembayaran digital yang didukung ialah dengan jasa bayar paypal. Seperti kita tahu Paypal merupakan suatu rekening virtual yang menyediakan layanan jasa transfer dan juga pembayaran secara online.

  • Mobile Banking

Mobile Banking merupakan jenis pembayaran digital yang menerapkan metode kegiatan transaksi atau aktivitas lain yang berkaitan dengan perbankan hanya dengan melalui perangkat seluler. Pada umumnya, Mobile Banking dilakukan melalui platform aplikasi resmi seluler bank.

Mobile Banking mampu membantu memudahkan nasabah dalam berbagai jenis transaksi seperti NEFT, IMPS, Investasi, hingga RTGS.

  • QRIS

QRIS merupakan kepanjangan dari Quick Response Code Indonesian Standard. QRIS hadir dan berkembang dengan bantuan kolaborasi antara industry sistem pembayaran dengan Bank Indonesia. QRIS sudah tidak asing lagi bagi masyarakat, sebab beberapa restoran atau tempat makan telah menyediakan pembayaran digital melalui QRIS.

Kehadiran kode QRIS sangat memudahkan masyarakat, sebab melakukan pembayaran dengan kode QRIS mampu dilakukan dengan aplikasi apapun dengan syarat QR yang sama.

Baca Juga

Rekomendasi