Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Tempat Asyik untuk Healing di Jogja

Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Tempat Asyik untuk Healing di Jogja
Hutan Pinus Mangunan Dlingo (Shutterstock - tirtaperwitasari)

Analisadaily.com, Yogyakarta - Hutan Pinus Mangunan Dlingo bisa menjadi salah satu tempat liburan di Jogja yang pas untuk melepas penat dari hiruk pikuk dan rutinitas. Untuk menuju ke sini, Anda membutuhkan waktu sekitar 30 menit berkendara dari pusat Kota Yogyakarta.

Aksesnya pun terbilang mudah, Anda bisa berkendara dengan dipandu Google Maps menuju Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Disarankan untuk datang ke sini sepagi mungkin, ya, karena biasanya semakin sore akan ramai oleh pengunjung.

Hutan Pinus Mangunan Dlingo buka mulai pukul 06.00 hingga 17.30 WIB. Tiket masuknya terbilang murah, yakni sekitar Rp5.000 per orang. Kawasan hutan ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti toilet, musala, area parkir, warung makan hingga area free wifi.

Pertama kali menginjakkan kaki ke sini, Anda akan disambut dengan ribuan pohon pinus yang tegak menjulang, seolah menjaga dan melindungi para pengunjung dari terpaan teriknya sinar matahari. Angin sepoi-sepoi yang lewat di celah-celah pepohonan mampu menyejukkan dan menentramkan suasana hati Anda.

Ada empat aktivitas seru yang bisa Anda lakukan ketika berkunjung ke Hutan Pinus Mangunan Dlingo. Apa saja? Simak rekomendasi dari Pegipegi berikut, yuk!

Berkemah di Tengah Hutan

Bagi Anda yang tertarik berkemah bersama keluarga, sahabat atau pasangan, pihak pengelola menyediakan lokasi khusus untuk berkemah. Tentunya aktivitas ini akan membawa pengalaman baru bagi Anda, terutama yang belum pernah merasakan sensasi bermalam di hutan pinus. Untuk masuk ke zona camping ground, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp15.000 per orang per hari. Namun, apabila tidak ingin berkemah, Anda juga bisa dengan mudah menemukan hotel Pegipegi di sekitar Hutan Pinus Mangunan Dlingo.

Menyusuri Taman Bunga

Ketika Anda menyusuri sisi selatan kawasan hutan ini, Anda akan menemukan hamparan bunga warna-warni. Tak hanya itu, di titik ini, Anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan perbukitan area selatan Yogyakarta yang memanjakan mata.

Rebahan di Atas Hammock

Hutan ini memang cocok untuk melepas penat. Tak perlu khawatir, pihak pengelola turut menyediakan hammock untuk pengunjung yang ingin bersantai sambil menikmati keindahan alam dengan rebahan. Biasanya pengunjung akan dikenakan tarif sewa Rp10.000 per hammock. Ada banyak hammock dengan warna beragam yang seolah memberikan kesan kontras dengan warna alam di sekitar hutan.

Berswafoto di Spot Menarik

Tak lengkap rasanya jika belum berswafoto bersama keluarga, sahabat atau pasangan di hutan pinus ini. Selain bisa berswafoto dengan latar pepohonan pinus yang menjulang tinggi, ada juga rumah pohon dan panggung alam yang bisa dijadikan spot foto.

Rumah pohonnya terletak di tengah hutan pinus. Sementara panggung alam, biasanya dimanfaatkan untuk kegiatan sekolah alam. Panggung ini dilengkapi dengan gardu yang bisa dinaiki oleh dua orang. Selain untuk berfoto, Anda tentunya bisa melihat pemandangan alam yang lebih luas dari panggung ini.

Nah, itu dia empat aktivitas seru yang bisa Anda lakukan ketika berkunjung ke Hutan Pinus Mangunan Dlingo. Bagaimana? Tertarik #PegipegiLagi ke Kota Jogja? Yuk, segera pesan transportasi dan booking hotelnya sekarang. Jangan lupa, jaga selalu protokol kesehatan kapan pun dan di mana pun demi keamanan, kenyamanan, dan keselamatan Anda. Selamat liburan!

Baca Juga

Rekomendasi