Zelenskiyy Cabut Kewarganegaan Mantan Politisi Top Ukraina

Zelenskiyy Cabut Kewarganegaan Mantan Politisi Top Ukraina
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiyy menghadiri konferensi pers bersama dengan Perdana Menteri Denmark, Mette Frederiksen di Odesa, Ukraina pada 30 Januari 2023. (Ukrainian Presidential Press Service/Handout via Reuters)

Analisadaily.com, Lviv - Presiden UKraina, Volodymyr Zelenskiyy, mencabut kewarganegaraan beberapa mantan politisi berpengaruh pada Sabtu (4/2) sebagai langkah terbaru untuk membersihkan negara dari pengaruh pro-Rusia.

"Hari ini, saya menandatangani dokumen yang relevan untuk mengambil langkah lain untuk melindungi dan membersihkan negara kita dari pihak agresor," kata Zelenskiyy dalam pidato video malamnya dilansir dari Reuters, Minggu (5/2).

Zelenskiyy tidak mau mencantumkan nama-nama itu, tetapi mengatakan mereka memiliki kewarganegaraan ganda Rusia.

Menurut media pemerintah Ukraina, daftar tersebut mencakup beberapa politisi top dari kantor Viktor Yanukovych, yang menjabat sebagai presiden Ukraina pro-Rusia dari tahun 2010 hingga ia dicopot dari jabatannya pada tahun 2014.

Daftar itu termasuk Dmytro Tabachnyk, mantan menteri pendidikan dan ilmu pengetahuan, Andriy Klyuyev, mantan wakil perdana menteri dan kepala administrasi Yanukovych dan Vitaliy Zakharchenko, mantan menteri dalam negeri, kantor berita RBC-Ukraina melaporkan.

Ukraina telah mencabut kewarganegaraan Ukraina dari sejumlah orang dan telah memberikan sanksi kepada ratusan individu dan perusahaan Rusia dan Belarusia sejak dimulainya invasi Rusia ke Ukraina pada Februari tahun lalu.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi