Baksos Bareng, Wujud Kedekatan Dolly Pasaribu dengan HMI

Baksos Bareng, Wujud Kedekatan Dolly Pasaribu dengan HMI
Bupati Dolly Pasaribu diabadikan bersama para kader HMI di halaman Perpustakaan Prof Lafran Pane (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Sipirok - Memperingati Dies Natalis HMI ke-76, Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu bersama BADKO Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Sumut bakti sosial bersama di halaman Perpustakaan Prof Lafran Pane, Sipirok.

Dolly dalam sambutannya, mengapresiasi Baksos ini karena masyarakat dapat merasakan manfaat giat dan kehadiran mahasiswa yang tergabung di HMI.

"Saya mewakili masyarakat Sipirok dan Tapsel pada umumnya, berterima kasih atas kegiatan ini, apalagi ada pemeriksaan kesehatan gratis oleh dokter dari USU," ujarnya, Senin (27/2).

Dikatakannya, banyak yang melihat hubungannya dan HMI bak kader biologis, karena memang dalam sejarah HMI, khususnya di Sumut, almarhum Panusunan Pasaribu banyak dijadikan referensi dan mentor oleh kader HMI, bahkan KAHMI.

"Karena itulah, setiap kegiatan HMI khususnya Tapsel, saya selalu hadir untuk meneruskan apa yang almarhum ayah saya lakukan bersama HMI dan KAHMI," ucapnya.

Dolly juga menyinggung telah mengusulkan ke para petinggi HMI untuk penyempurnaan napak tilas Lafran Pane di Sipirok.

"Saya sudah sampaikan niatan tersebut kepada Pengurus Besar HMI, Presidium KAHMI dan sesepuh, programnya seperti peninggalan Lafran Pane ditata rapi, sehingga dapat dinikmati penerus-penerus HMI, sekaligus sejarah beliau akan makin terangkat jelas dilihat masyarakat luas," terangnya.

Diharapkan, setiap kader visinya tidak hanya lokal, namun nasional, sehingga bisa menapaktilasi perjuangan dan pemikiran Lafran Pane.

"Lafra Pane datang dari suatu daerah kecil bernama Pangurabaan, namun karya beliau selalu dikenang sepanjang masa secara nasional," ujarnya.

Ketum Badko HMI Sumut, Abdul Rahman merincikan tentang kegiatan di tanah kelahiran Lafran Pane.

"Ada 100 paket sembako sekaligus pemeriksaan kesehatan bersumber dari donasi PB HMI, Pemrovsu, sesama kader HMI, Senior (KAHMI), hamba Allah dan lainnya. Selanjutnya kami membersihkan napak tilas dan makam syekh di Sipirok ini," ungkapnya.

Rahman berharap, pusat napak tilas Lafran Pane betul-betul dipahami dengan jelas para kader HMI.

"Informasi yang mengklaim Padangsidimpuan kampung Lafran Pane, saya rasa itu perlu diluruskan, karena sebetulnya Tapsel, tepatnya di Sipirok kampung sang Pendiri HMI," terangnya.

Mewakili MD KAHMI Tapsel, Syamsir Alamsyah Harahap (Acin) turut bangga atas kegiatan itu, dan berterima kasih kepada BADKO HMI Sumut yang telah memilih Tapsel (Sipirok) sebagai tempat puncak peringatan milad HMI ke-76.

Seorang warga setempat, Nurilla Pane, mengaku bahagia atas Balsos HMI bersama Dolly Pasaribu.

(HIH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi