Banda Aceh Raih Piala Adipura Kategori Kota Sedang

Banda Aceh Raih Piala Adipura Kategori Kota Sedang
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya menyerahkan Piala Adipura 2022 kategori kota sedang kepada Penjabat Wali Kota Banda Aceh, Bakri Siddiq di Jakarta, Selasa (28/2) (Analisadaily/Muhammad Saman)

Analisadaily.com, Jakarta – Kota Banda Aceh kembali meraih Piala Adipura yang merupakan penghargaan tertinggi di bidang lingkungan hidup, kebersihan dan pengelolaan sampah. Penghargaan tersebut terakhir kali didapatkan tahun 2017.

Penjabat Wali Kota Banda Aceh, Bakri Siddiq, mengatakan Piala Adipura merupakan wujud konsistensi dan komitmen seluruh elemen Kota Banda Aceh mulai dari warganya, para pemangku kepentingan, hingga pasukan orange DLHK3 dalam menjaga kebersihan dan keindahan kota yang berkelanjutan.

“Alhamdulillah, melalui sosialisasi yang masif, kita berhasil membentuk sebuah sistem dari hulu ke hilir, di mana peran serta masyarakat di gampong sebagai ujung tombak menjaga kebersihan, terutama pengelolaan sampah adalah modal utama meraih penghargaan bergengsi ini,” kata Bakri di Jakarta, Selasa (28/2).

Menurutnya, Adipura merupakan sebuah prestasi menggembirakan bagi setiap kota di Indonesia.

“Bukan hanya prestasi saja, Adipura juga menjadi prestise dan lambang kesuksesan -dambaan setiap kota di Indonesia.nPiala Adipura ini kami dedikasikan bagi seluruh masyarakat Kota Banda Aceh, yang telah turut berpartisipasi dalam mewujudkan Banda Aceh bersih, indah, dan nyaman,” katanya.

Rencananya, Rabu, 1 Maret 2023, Piala Adipura dibawa pulang ke Banda Aceh.

“Dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Piala Adipura akan kita arak keliling kota dan finish di Lapangan Taman Sari untuk berbagi kebahagiaan dengan seluruh masyarakat,” ujarnya.

Tahun lalu, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kembali melakukan penilaian terhadap kabupaten/kota di bidang kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Ada lima kategori penilaiannya, yaitu untuk kota kecil, sedang, besar, metropolitan, dan Adipura Kencana.

Jika sebelumnya penilaian Adipura hanya fokus pada kebersihan dan penataan ruang di area perkotaan, kali ini lebih fokus pada pengelolaan penanganan dan pengurangan sampah sebagaimana telah tertuang dalam kebijakan strategi daerah (Jakstrada).

(MHD/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi