Ance Selian: Pemberhentian 74 Pekerja Parkir Tak Mencerminkan Nilai Pancasila

Ance Selian: Pemberhentian 74 Pekerja Parkir Tak Mencerminkan Nilai Pancasila
Ance Selian (Analisadaily/Kali A Harahap)

Analisadaily.com, Kualanamu - Ketua Ikatan Keluarga Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) Sumut, Ance Selian menilai, pemutusan kontrak kerja petugas parkir Bandara Kualanamu karena ada pergantian menajemen baru sangat tidak mencerminkan nilai Pancasila.

"Soal pergantian menajemen di pengelolaan parkir, silahkan saja. Tapi jangan sempat membawa mudarat kepada orang, karena itu menciderai nilai Pancasila, yakni Kemanusiaan Adil dan Beradab," kata Ance, Kamis (9/3), menyoroti 74 petugas parkir PT Angkasa Pura Solusi (APS) per 1 Maret 2023 tidak dipekerjakan lagi.

Kata dia, pengelolaan ini sebelum terjadi pergantian tentunya harus ada pra, harus ada training terhadap siapa yang akan melaksanakan tugas. Kemudian pergantian ini tidak boleh berimbas kepada pengguna jasa bandara dan lainnya.

Kedua, pergantian itu juga harus berdasar kinerja. Kalau memang kinerjanya dianggap tidak bagus, boleh saja diganti. Tapi kalau hanya persoalan grup atau tim, menurut Ance, itu namanya tidak berprikemanusiaan.

"Kalau 10 sampai 20 tahun orang bekerja tiba-tiba karena pergantian menajemen lalu pengabdiannya itu tidak dianggap. Berarti itukan sangat tidak berprikemanusiaan. Dan orang yang seperti ini berarti tidak menghayati soal nilai-nilai Pancasila,” kata Ance, yang juga mantan Ketua PKB Sumut.

Sebelumnya, 74 petugas parkir Bandara Kualanamu di bawah naungan PT APS tidak dipekerjakan lagi karena kontrak kerja berakhir 28 Februari 2023, dan bersamaan dengan berakhirnya kontrak kerja sama antara PT APS dan PT AVI, kemudian pengelolaan diambil alih PT SP.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi