Gempa Magnitudo 5,2 di Aceh Singkil, Tak Berpotensi Tsunami

Gempa Magnitudo 5,2 di Aceh Singkil, Tak  Berpotensi Tsunami
Gempa Bumi Magnitudo 5,2 di Aceh Singkil, Tak Berpotensi Tsunami (BMKG)

Analisadaily.com, Medan - Gempa bumi tektonik dengan kekuatan M5,2 mengguncang wilayah Kota Singkil, Aceh, Sabtu (11/3). Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

"Gempa bumi itu terjadi pukul 11.03.48 WIB wilayah Kota Singkil, Aceh," kata Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Daryono.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,3. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 1,97° LU ; 97,85° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 41 Km arah Tenggara Kota Singkil, Aceh pada kedalaman 49 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas Megathrust Nias-Simeulue. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust)," jelas Daryono.

Daryono menjelaskan, gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Kepulauan Banyak, Aceh singkil, Silangit, Pakpak Bharat, Sipoholon dengan skala intensitas IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), daerah Aceh Selatan, Gunung Sitoli, Sirombu, Nias Selatan dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa;bumi ini tidak berpotensi Tsunami," jelasnya.

Hingga pukul 11.40 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," imbau Daryono.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi